KANDUNGAN DAN MANFAAT PEPAYA

Kandungan dan Manfaat Pepaya - Pepaya merupakan buah tropis yang dikenal dengan sebutan Caricapapaya. Buah pepaya juga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan kaya akan manfaat bagi kesehatan. Penanaman pepaya membutuhkan suhu rendah untuk menopang pertumbuhan sehingga sangat cocok ditanam di daerah tropis. Oleh karena itu, menjadi hal yang wajar bila populasi pohon pepaya sangat banyak ditemukan di negara kita. Masyarakat bisa mendapatkan buah pepaya untuk konsumsi sehari-hari dengan mudah.

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Enzim Papain

Pepaya merupakan tanaman yang mengandung enzim papain, yaitu enzim yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, enzim papain juga berfungsi sebagai stabilisator pergerakan usus secara optimal sehingga kerja usus tetap dalam kondisi normal. Selain kandungan papain, buah pepaya juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat bagi pencegahan kanker usus besar.

Vitamin A, Vitamin C, Dan Beta-Carotene

Berdasarkan kandungan vitamin A, C dan Beta-carotenenya, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh ternyata sangat penting. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin A berpotensi menderita gangguan terutama pada mata (gangguan penglihatan) dan permukaan kulit menjadi kasar. Defisiensi vitamin A juga dapat menyebabkan terjadinya peyakit atau gangguan yang berupa kekeringan pada selaput lendir mata (konjunctiva) dan selaput kering mata (kornea). Penyakit tersebut biasa dikenal dengan istilah xerophthalmia. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagai kita untuk mengkonsumsi buah pepaya secara teratur. Manfaat pepaya lainnya juga terdapat pada kandungan vitamin C dan beta-carotennya, karena keduanya memiliki peran penting sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menghilangkan zat-zat beracun di dalam tubuh dan berkhasiat langsung terhadap kesehatan kulit seperti mencegah peradangan dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Unsur-unsur antioksidan yang terdapat pada buah pepaya juga dapat membantu untuk mencegah oksidasi kolesterol, yang berpotensi menimbulkan penyakit-penyakit sekunder, seperti penyakit arteri yang disebut aterosklerosis.

Serat Dan Zat Besi




Serat pepaya mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pada saat yang sama dapat mencegah penyakit jantung. Buah pepaya juga banyak mengandung sumber zat besi dan kalsium dimana kalsium memegang penting dalam membantu dan menopang pertumbuhan tulang dan gigi, sementara itu zat besi berfungsi sebagai pembentuk hemoglobin dalam sel-sel darah merah.

Perawatan Kulit

Penggunaan langsung buah pepaya dalam perawatan kulit pun sangat manjur untuk mengobati dan mencegah timbulnya jerawat, kulit keriput dan kulit kering. Getah pepaya juga dapat digunakan untuk mengurangi kapalan dan kulit kasar pada tangan dan kaki. Menerapkan ini sehari-hari akan memberikan hasil yang menakjubkan.

Di samping itu, manfaat pepaya lainnya juga dalam membantu melancarkan pencernaan. Buah ini merupakan sumber yang baik dalam program diet serat. Pil pepaya digunakan sebagai antacid alami yang dapat meredakan sembelit.

Berhubung kandungan dan manfaat pepaya sangat banyak, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh, maka mengkonsumsi buah pepaya secara rutin bisa mengurangi resiko terserang penyakit. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menanam pohon pepaya di sekitar rumah, sehingga Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan buah pepaya. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan buah pepaya sebagai dokter alami di rumah.

Selain dengan mengkonsumsi buah pepaya segar, baik buah yang sudah matang maupun buah yang sedikit tua, mengkonsumsi atau menggunakan produk-produk olahan yang berbahan dasar pepaya, yang banyak dijumpai di pasar, seperti sabun pepaya, kecap pepaya, pil pepaya, manisan pepaya dan sebagainya, juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.


LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus