WISATA DIENG PLATEAU

SEJARAH SINGKAT DIENG PLATEAU DAN WONOSOBO

Dieng Plateau merupakan sebuah penggunungan di sekitar lereng Dieng Kabupaten Wonosobo, salah satu kabupaten yang terletak di propinsi Jawa Tengah. Ribuan tahun yang silam, kota ini 'disaba' (dimasuki) oleh orang-orang Keling (India) untuk memindahkan kekuasaanya ke Pulau Jawa tepatnya di Pegunungan Dieng. Orang-orang Keling ini disimbolkan dalam diri Sang Hyang Jagadnata yaitu sosok dewa penguasa kerajaan Jambudwipa di Himalaya. Mereka memindahkan kekuasaanya ke Dataran tinggi Dieng karena diserbu oleh pengembara Hun dari padang rumput Eurasia serta sebaran pengaruh Helenisasi dari Yunani dan Romawi yaitu pengelanaan Iskandar Zulkarnain (Alexander The Great). Salah satu keturunan tokoh Sang Hyang Jagadnata bernama Ajisaka pertama kali datang ke Pulau Jawa telah memilih untuk bertapa di Pegunungan Dieng (Ardi Hyang).

MATA AIR PERADABAN DIENG PLATEAU WONOSOBO

WISATA DIENG PLATEAU
Menurut KH. A. Kholiq Arif (Bupati Wonosobo saat ini) dalam bukunya yang berjudul "Mata Air Peradaban Dua Millenium Wonosobo", awal wangsa-wangsa Jawa muncul adalah di daerah sekitar Dieng (Wonosobo) yaitu Kerajaan Kalingga dengan wilayah kekuasaanya membentang di pesisir utara Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Setelah itu disusul munculnya dinasti Sanjaya-Syailendra (Kerajaan Mataram I) yang menggantikan Kerajaan Kalingga. Kerajaan Kalingga di Jawa ini kemungkinan merupakan kelanjutan dari Kalingga di India (Kalingga = Kaling/Holing menjadi nama kerajaan yakni Kalingga di wilayah sekitar Kashmir yang pernah diinvasi oleh Dinasti Gupta). Bukti munculnya wangsa-wangsa terutama Sanjaya-Syailendra ditandai adanya beberapa prasasti dan candi-candi besar di jawa seperti Candi Dieng, Kalasan, Borobudur, Gedung Songo, Baka, dll. Dari kesekian candi-candi yang tersebar di Jawa Tengah tersebut, candi dieng lah yang memiliki pengaruh gaya arsitektur yang sangat kuat dengan gaya Gupta dan Caluknya (India Selatan). Lebih lanjut menurut Beliau, posisi strategis Dieng dan Wonosobo membuktikan bahwa wilayah ini memiliki peran yang sangat besar yang menentukan arah dan perkembangan konstelasi historis Jawa bahkan Nusantara. Maka dikatakannya "Dari Wonosobolah sesungguhnya 'mata air' peradaban Nusantara itu bersumber dan terus mengalir".

WISATA DIENG PLATEAU




Wisata Dieng terletak di dua kawasan yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Tepatnya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Perjalanan menuju kompleks lokasi wisata Dieng pun dapat ditempuh melalui dua arah utama dari Wonosobo dan Banjarnegara.

Dieng merupakan salah satu obyek wisata nuansa pegunungan di Jawa Tengah yang memiliki ketinggian tempat sekitar 2.000 mdpl, pegunungan dieng memiliki beberapa kepunden kawah sehingga dikatakan sebagai gunung api raksasa. Dieng yang merupakan kawasan vulkanik aktif ini memiliki suhu udara berkisar 15—20°C pada waktu siang hari dan 10°C pada malam hari. Daerah dingin kawasan dieng plateau menjadi momok bagi warga setempat setiap kali muncul embun beku terutama di pagi hari. Embun beku di dieng plateau ini sering terjadi pada musim kemarau dengan suhu udara mencapai hingga 0°C. Areal pertanian hancur akibat datangnya embun beku, warga sekitar menyebutnya sebagai 'bun upas' (embun racun).

Kawasan wisata Dieng Plateau memiliki kawasan pegunungan eksotik yang sangat indah. Terletak di desa Sembungan dengan ketinggian tempat 2.350 mdpl. Kawasan wisata di Dieng ini dinamakan Si Kunir. Si Kunir menjadi primadona wisata kompleks Dieng Plateau, karena dari ketinggian inilah wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise di pagi hari bagaikan di atas awan. Oleh karenanya obyek wisata si kunir Dieng Plateu terkenal dengan istilah bumi kahyangan atau negeri di atas awan. Untuk dapat menikmati keindahan sunrise di si kunir Dieng Plateau, perjalanan menuju puncak wisata dilakukan dini hari.

OBYEK WISATA DIENG PLATEAU

Objek wisata dieng plateau meliputi Gardu Pandang Wisata Dieng Plateau (Tieng), Wisata Dieng Tuk Bimo Lukar, Wisata Dieng Plateau Theatre, Wisata Museum Kailasa Dieng, Wisata Telaga Warna Dieng, Wisata OASE Dieng Plateau (Obyek Wisata Air Telaga Sewiwi), Wisata Dieng Telaga Merdada, Pemandian Air Panas Bitingan Dieng Plateau, Wisata Dieng Air Terjun Sirawe, Wisata Dieng Sumur Jalatunda, Wisata Sikunir Dieng, Wisata Dieng Goa Jimat/Gua Upas, Wisata Dieng Pertapan Mandalasari, Wisata Dieng Darmasala, Wisata Sendang Sedayu Dieng, Wisata Gangsiran Aswotomo Dieng Plateau, Wisata Dieng PLTP Panas Bumi, Wisata Watu Kelir Dieng Plateau, Wisata Dieng Ondo Budo, Wisata Dieng Pendopo Soeharto-Whitlem, Pos Pengamatan Gunung Api Dieng Plateau, Wisata Komplek Candi Arjuna Dieng Plateau, Wisata Kawah Sikidang Dieng Plateau, Wisata Kawah Candradimuka Dieng Plateau, Wisata Kawah Sileri Dieng Plateau, Wisata Kawah Sibanteng Dieng Plateau, dan Wisata Kawah Sinila Dieng Plateau.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus