PERTOLONGAN PERTAMA PADA PENDERITA KERACUNAN PESTISIDA

Pertolongan Pertama pada Penderita Keracunan Pertisida - Pestisida sangat berbahaya bagi manusia, bahkan bisa menyebabkan kamatian. Padahal bagi petani, pestisida hampir menjadi santapan keseharian, terutama saat melakukan budidaya tanaman yang membutuhkan perawatan intensif, seperti budidaya cabe, budidaya tomat, budidaya melon, budidaya semangka, dll. Pestisida sangat berbahaya bagi manusia, terutama masalah kesehatan. Pestisida bisa masuk melalui kulit, saluran pernapasan bahkan tertelan melalui mulut. Para pelaku budidaya agribisnis, baik budidaya pertanian, perikanan, peternakan, maupun perkebunan hendaknya mewaspadai bahaya pestisida. Kecerobohan pada saat penyemprotan menyebabkan tubuh kita mengalami keracunan pestisida. Keracunan pestisida pada manusia menunjukkan gejala yang berbeda-beda, tergantung pada jenis bahan aktif pestisida yang meracuni. Gejala keracunan biasanya tertera pada kemasan, sehingga disarankan jangan memindahkan pestisida pada tempat lain apalagi wadah kosong yang orang lain tidak bisa mengetahuinya dengan pasti. Usahakan pestisida selalu pada kemasannya. Hal ini sangat penting untuk menentukan penanganan lebih lanjut saat mengalami keracunan pestisida.

Pada saat kita mengetahui seseorang mengalami keracunan pestisida, kita dapat memberikan pertolongan pertama pada penderita, sebelum dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Saat memberikan pertolongan, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kita tidak boleh terlihat panik. Harus setenang mungkin agar dapat berpikir untuk melakukan tindakan yang paling tepat dan cepat.
  2. Amati secara cermat, jika kulit korban terkena pestisida, buka pakaian dan segeralah cuci sampai bersih dengan air dan sabun.
  3. Jika mata korban terkena pestisida, cuci dengan air yang banyak selama 15 menit, utamakan pencucian menggunakan air pancuran agar pestisida lebih cepat terbawa air.
  4. Jika pestisida tertelan dan korban masih sadar, buatlah korban muntah dengan memberikan larutan air hangat yang telah dicampur dengan garam dapur sebanyak 1 sendok makan penuh. Jika pestisida tertelan, perlu diperhatikan bahwa jangan sekali-kali memberikan pernapasan buatan dari mulut ke mulut.
  5. Jika pestisida tertelan dan korban tidak sadar, jangan dirangsang muntah, sangat berbahaya. Jika pestisida tertelan, jangan berikan pernapasan buatan dari mulut ke mulut.
  6. Jika pestisida tertelan, dan fungisida dari senyawa tembaga, penderita jangan dirangsang muntah, rangsanglah untuk buang air besar atau bilas lambung.
  7. Jika berhenti bernapas, segera bikin pernapasan buatan. Pastikan mulut bersih dari air liur, lendir, atau makanan yang menyumbat pernapasan.
  8. Jangan memberikan susu atau makanan berminyak pada korban keracunan organoklorin, karena pemberian susu atau makanan berminyak justru akan menambah penyerapan organoklorin oleh organ pencernaan.
  9. Jika korban tidak sadar, usahakan jalan pernapasan tidak terganggu. Bersihkan mulut dari air liur, lendir, atau makanan. Jika korban memakai gigi palsu, lepaskan gigi palsu. Kemudian letakkan korban pada posisi tengkurap, dengan kepala menghadap ke samping dan bertumpu pada kedua tangannya yang ditekuk.
  10. Jika penderita mengalami kejang, maka usahakan tidak ada yang membuat korban cidera. Taruh bantal di bawah kepala korban, lalu longgarkan pakaian di sekitar leher. Ganjal mulut agar korban tidak menggigit bibir dan lidahnya.
  11. Setelah itu bawalah segera penderita ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Tunjukkan kemasan pestisida yang telah meracuninya kepada para medis agar dapat ditentukan dengan cepat penanganan yang paling tepat.

Demikianlah langkah-langkah yang perlu dipahami dalam memberikan pertolongan pertama pada penderita keracunan pestisida, sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan baik bagi penderita maupun penolong, tanpa mengurangi nilai manfaat bagi penderita keracunan pestisida.

25 comments:

  1. met siang sobat ma'af lama baru bisa berkunjung d krnakan banyak tugas dari bos heheh. lma gk berkunjung blog,ini makin bagus genk artikel jga postingannya makin wajib di simak. met rahat sobat
    sudah seharian aktifitas ngopi dulu genk heheh.

    ReplyDelete
  2. super sekali infonya, ilmu pas keadaan darurat nihh.

    ReplyDelete
  3. berguna sekali infonya...terima kasih...

    ReplyDelete
  4. Numpang iklan aja deh bagi yg mau beli tanah . Di jual tanah kurang lebih luas 10.000m di dekat pantai tirto samudro bandengan jepara. Dengan harga RP 1.500.000.000 bisa nego, sertifikat. Info dan gambar buka di http://musikterbaruindonesia.blogspot.com atau email ke stieawanstie@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo jual cepat saya brani nego pak....!

      Delete
    2. Dijual cepat pak klo minat segera di tindak lanjuti.

      Delete
  5. sini guy's klw mau psg iklan ya
    Promosi

    ReplyDelete
  6. mksh info na sgt brguna bg qmi para petani.

    ReplyDelete
  7. Suka infonya berguna bngt bwt orang lain..mksh salam kenal mint.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga, semoga membawa manfaat

      Delete
  8. Makasih Info'y,Bermanfaat skali bwt kita.....slam

    ReplyDelete
  9. info yang sangat bermanfaat.. mampir jga ditempat ane yaa.. follow mee

    ReplyDelete
  10. Arikel yang bagus, kembali berkunjung di pagi hari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat datang,, terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  11. informasi yang sangat berarti, khususnya para pegiat pertanian (petani) dan juga siapapun yang aktifitasnya dapat bersentuhan dengan bahan beracun tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Semoga kunjungan Anda bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini, Pertolongan Pertama Pada Penderita Keracunan Pestisida.

      Delete

Tanijogonegoro.com: Menyajikan Informasi Terbaik
Tanijogonegoro.com: Menyajikan Informasi Terbaik

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus