MANFAAT BUAH DAN KULIT MANGGIS

Manfaat Buah dan Kulit Manggis - Queen of fruits – ratu dari segala buah – itulah julukan buah manggis. Buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan, terutama bagian buah dan kulit manggis. Apalagi didukung dengan rasa buah manggis yang manis, lezat, serta lembut, membuat buah manggis banyak disukai orang. Semua bagian dari buah manggis kaya akan manfaat, mulai dari daging buah, kulit bahkan biji buah sekalipun, kecuali bagi wanita hamil. Konsumsi buah manggis setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesegaran tubuh kita.

Manfaat buah maupun kulit manggis dalam pengobatan ternyata banyak sekali, buah ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan seperti mengurangi rasa sakit sampai penyakit berbahaya bahkan mematikan seperti diabetes, kanker, jantung atau arteriosclerosis, alzheimer. Selain itu, manfaat buah maupun kulit manggis juga mampu melawan radikal bebas, menurunkan darah tinggi atau hipertensi, gangguan pencernaan, ginjal, asma, menurunkan kolesterol, gangguan penglihatan, memulihkan stamina, bahkan mencegah penurunan mental.

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Bagian utama buah manggis yang paling kaya akan manfaat ternyata terdapat pada kulit buahnya. Dalam kulit manggis mengandung antioksidan, dimana antioksidan ini mampu mencegah timbulnya penyakit. Kulit manggis mengandung xanthone yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker p4yud4ra, kanker paru-paru, kanker perut, leukimia, dll. Kadar antioksidan ini mencapai 123,97 mg/ml. Xanthone dapat menangkap radikal bebas serta mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Radikal bebas masuk melalui makanan yang kita konsumsi dan merupakan penyebab utama penyakit kanker, stroke, jantung, dll. Dengan kata lain xanthone selain memiliki manfaat sebagai antioksidan juga bermanfaat sebagai antikanker.
Adanya kandungan antioksidan sangat tinggi pada kulit manggis ini juga menyebabkan buah manggis tidak mudah busuk walaupun diletakkan di atas tanah dalam jangka waktu sangat lama.



Ekstrak kulit manggis selain bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti pada kanker hati, kanker paru-paru, maupun kanker usus, juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker. Xanthone dalam kulit manggis juga memiliki manfaat dalam menyembuhkan penyakit asma, TBC, serta antiinflamasi. Kelebihan bakteri di dalam perut ketika sedang diare dapat diatasi dengan xanthone sehingga kerja perut menjadi seimbang.

Menurut dr. Berna Elya, peneliti Departemen Farmasi Unibersitas Indonesia, antikanker dan antioksidan mujarab mengatasi jantung koroner serta mengatasi HIV, semua itu hanya sebagian kecil dari manfaat kulit manggis yang sering kali tidak dimanfaatkan oleh kebanyakan orang.

Manfaat Manggis Bagi Kesehatan

Buah manggis sangat baik untuk para wanita, kecuali wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini. Konsumsi buah manggis secara rutin dapat membuat awet muda. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang memiliki manfaat besar dalam menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena buah manggis mampu menghancurkan semua penyakit yang menyerang tubuh kita bahkan memperbaiki sistem antibody. Seseorang yang masih muda ketika sedang menderita penyakit degeneratif akan terlihat sangat tua seperti berusia 60 tahunan. Tetapi ketika mengkonsumsi buah manggis secara rutin sampai sembuh wajahnya akan terlihat seperti berumur 30 tahunan. Manfaat buah manggis lainnya adalah sebagai antijamur maupun antibakteri penyebab jerawat. Selain itu, buah manggis juga memiliki manfaat besar untuk mengurangi berat badan, karena kandungan xanthone pada buah manggis mampu melunakkan kembali membran sel yang membesar serta mengeras dalam tubuh kita, serta mengubah zat makanan menjadi energi.

Kandungan lain buah manggis adalah catechins. Catechins mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Catechins ini ternyata lebih efektif melawan radikal bebas dibandingkan dengan vitamin C maupun vitamin E. Xanthone buah manggis juga bersifat sebagai antibakteri sehingga mampu mengatasi gangguan penapasan.


LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus