MANFAAT BUAH DAN KULIT MANGGIS

Manfaat Buah dan Kulit Manggis - Queen of fruits – ratu dari segala buah – itulah julukan buah manggis. Buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan, terutama bagian buah dan kulit manggis. Apalagi didukung dengan rasa buah manggis yang manis, lezat, serta lembut, membuat buah manggis banyak disukai orang. Semua bagian dari buah manggis kaya akan manfaat, mulai dari daging buah, kulit bahkan biji buah sekalipun, kecuali bagi wanita hamil. Konsumsi buah manggis setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kesegaran tubuh kita.

Manfaat buah maupun kulit manggis dalam pengobatan ternyata banyak sekali, buah ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan seperti mengurangi rasa sakit sampai penyakit berbahaya bahkan mematikan seperti diabetes, kanker, jantung atau arteriosclerosis, alzheimer. Selain itu, manfaat buah maupun kulit manggis juga mampu melawan radikal bebas, menurunkan darah tinggi atau hipertensi, gangguan pencernaan, ginjal, asma, menurunkan kolesterol, gangguan penglihatan, memulihkan stamina, bahkan mencegah penurunan mental.

Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Bagian utama buah manggis yang paling kaya akan manfaat ternyata terdapat pada kulit buahnya. Dalam kulit manggis mengandung antioksidan, dimana antioksidan ini mampu mencegah timbulnya penyakit. Kulit manggis mengandung xanthone yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut, leukimia, dll. Kadar antioksidan ini mencapai 123,97 mg/ml. Xanthone dapat menangkap radikal bebas serta mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Radikal bebas masuk melalui makanan yang kita konsumsi dan merupakan penyebab utama penyakit kanker, stroke, jantung, dll. Dengan kata lain xanthone selain memiliki manfaat sebagai antioksidan juga bermanfaat sebagai antikanker.
Adanya kandungan antioksidan sangat tinggi pada kulit manggis ini juga menyebabkan buah manggis tidak mudah busuk walaupun diletakkan di atas tanah dalam jangka waktu sangat lama.

Ekstrak kulit manggis selain bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti pada kanker hati, kanker paru-paru, maupun kanker usus, juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker. Xanthone dalam kulit manggis juga memiliki manfaat dalam menyembuhkan penyakit asma, TBC, serta antiinflamasi. Kelebihan bakteri di dalam perut ketika sedang diare dapat diatasi dengan xanthone sehingga kerja perut menjadi seimbang.

Menurut dr. Berna Elya, peneliti Departemen Farmasi Unibersitas Indonesia, antikanker dan antioksidan mujarab mengatasi jantung koroner serta mengatasi HIV, semua itu hanya sebagian kecil dari manfaat kulit manggis yang sering kali tidak dimanfaatkan oleh kebanyakan orang.

Manfaat Manggis Bagi Kesehatan

Buah manggis sangat baik untuk para wanita, kecuali wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini. Konsumsi buah manggis secara rutin dapat membuat awet muda. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang memiliki manfaat besar dalam menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena buah manggis mampu menghancurkan semua penyakit yang menyerang tubuh kita bahkan memperbaiki sistem antibody. Seseorang yang masih muda ketika sedang menderita penyakit degeneratif akan terlihat sangat tua seperti berusia 60 tahunan. Tetapi ketika mengkonsumsi buah manggis secara rutin sampai sembuh wajahnya akan terlihat seperti berumur 30 tahunan. Manfaat buah manggis lainnya adalah sebagai antijamur maupun antibakteri penyebab jerawat. Selain itu, buah manggis juga memiliki manfaat besar untuk mengurangi berat badan, karena kandungan xanthone pada buah manggis mampu melunakkan kembali membran sel yang membesar serta mengeras dalam tubuh kita, serta mengubah zat makanan menjadi energi.

Kandungan lain buah manggis adalah catechins. Catechins mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Catechins ini ternyata lebih efektif melawan radikal bebas dibandingkan dengan vitamin C maupun vitamin E. Xanthone buah manggis juga bersifat sebagai antibakteri sehingga mampu mengatasi gangguan penapasan.

45 comments:

  1. maaf belum ada cara mengkonsumsi kulitnya, di makan langsung atau dicampur dengan bahan lainnya. masalahnya kalo langsung dimakan rasanya pahit dan kalat/sepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diblender dan ditambahkan gula pasir dan buah lain.

      Delete
    2. untuk kulit manggis bisa di rebus terlebih dahulu, air rebusan tersebut kita minum. saya sudah mencobanya dan hasilnya tubuh saya tetap segar walaupun bekerja seharian. semoga bermanfaat :)

      Delete
    3. Luar bisa mbak Dewi, sudah memanfaatkan kulit manggis lebih awal

      Delete
    4. Saya sudah mencoba dengan membuang bagian kulit-luar keras, sementara kulit dalam dipotong- potong kecil, rebus- matang dan diamkan sampe dingin. Selanjutnya di jus sampai menjadi bubur. Siapkan tampah bambu beralaskan lembaran plastik transparan, tuangkan bubur kulit manggis dan jemur di angin- angin tempat teduh sampai kering beberapa hari. Setelah kering lempeng bubur terkelupas dari lembaran plastik. Simpan dalam bentuk lempengan kering atau diblender kering menjadi bubuk. Siap diseduh atau dimasukkan kapsul. Maksud kulit keras luar dibuang, mungkin mengandung zat berbahaya seperti resin, getah kuning. SetiaD59YG.

      Delete
    5. Luar bisa, sebuah petunjuk pengolahan buah manggis yang sangat baik, dan bisa digunakan sebagai tambbahan referensi buat pembaca. Terima kasih telah bersedia berbagi informasi untuk melengkapi artikel ini.

      Delete
  2. buah manggis memang benar2 si Queen of fruits, kalo saya tiap hari konsumsi dan rasanya badan saya semakin hari semakin enak dan terasa bertambah tenaga setiap hari
    obat herbal darah tinggi
    pengobatan penyakit hernia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa Anda bisa mengkonsumsi buah manggis setiap hari. Semoga bisa mendapatkan manfaat buah manggis dengan baik.

      Delete
  3. Gimana cara mengkonsumsi kulitnya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diblender dan ditambahkan gula pasir dan buah lain.

      Delete
    2. bagaimana kalau kulit buah manggis itu dikeringkan terlebih dahulu kemudian direbus dengan air hingga air rebusan menyusut baru diminum bu? untuk perbandingan merebus bagaimana? karena kebetulan banyak kulit buah manggias di deskitar tempat saya.. termakakasih

      Delete
    3. Cara mengolah manggis untuk dikonsumsi bisa dilihat pada komentar Bp. Abdulhakim Alfadani di bawah, atau komentar dari unknown di atas.

      Delete
  4. bagaimana cara mengola kulitnya supaya bisa dimakan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diblender dan ditambahkan gula pasir dan buah lain.

      Delete
  5. alhamdulilah satu lagi ilmu yang kudapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

      Delete
  6. rasanya kaya apa yah kulit manggis belom pernah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antara pahit dan sepet. Agar tidak pahit bisa diblender dan ditambahkan gula pasir dan buah lain.

      Delete
  7. Ooooh ternyata..hebat
    apakah manggis terdapat di indonesia saja????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manggis banyak terdapat di negara-negara tropis

      Delete
  8. yg di blender tu semua kulitnya atau kulit bagian dalam aja.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bagian kulit, dicuci dan diblender

      Delete
  9. berguna banget nie infonya .. :))
    smapai kulitnya pun bisa di makan ..
    makasih yah infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

      Delete
  10. Yang diblender kulit dalamnya atau dengan kulit luarnya?terus kalau bijinya manfaatnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bijinya tidak beda jauh dengan daging buah dan kulitnya

      Delete
  11. sorry belum tau cara konsumsinya
    seperti apa?
    apakah di makan langsung
    atau ada cara konsumsi yang lebih baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara mengolah manggis untuk dikonsumsi bisa dilihat pada komentar Bp. Abdulhakim Alfadani atau komentar dari unknown di atas.

      Delete
  12. kulit manggis bisa juga dibikin kripik , dijemur sampai kering terus digoreng ,, atau dibikin manisan direbus campur gula , bisa juga di bikin juss diblender sama air trus diperas airnya bisa ditambahkan madu , gula, ato sirup kesukaan anda , selamat mencoba,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, pengalaman yang Anda bagikan dapat melengkapi kekurangan artikel di sini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca blog yang terhormat. Salam Tani Indonesia.

      Delete
  13. apa konsumsi buah manggis rutin penyakit asam urat dan kolesterol bisa sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dan kolesterol mungkin lebih baik dengan mengkonsumsi buah sirsak. Banyak teman-teman saya yang melakukan itu dan hasilnya cukup bagus setelah dilakukan cek darah ulang.

      Delete
  14. buah asli indonesia dengan kaya manfaat luar biasa..namun pengembangan di budidayanya tidak sebanding dengan peminat konsumen manggis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, memang perlu diadakan sosialisasi dan pembinaan kepada petani untuk mencoba alternatif budidaya manggis.

      Delete
  15. Bisa gak,untuk menghilangkan mengobati flek paru paru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum dapat referansi tentang itu. barangkali ada pembaca yang bersedia memberikan tambahan informasi, saya persilahkan.

      Delete
  16. selain untuk mengobati kanker paru paru,untuk menghilangkan atau mengobati flek paru paru bisa gak?

    ReplyDelete
  17. untuk memutihkan gigi yg kuning pekat juga bisa,,carany bakar kulit manggis lalu tumbuk halus, dan campur ke pasta gigi sewaktu menyikat gigi..;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, tambahan informasi yang sangat bermanfaat.

      Delete
  18. kalo untuk kanker rahim apakah juga bisa disembuhkan dengan manggis?bagaimana cara pembuatannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah penyakit yang disampaikan mengerikan. Maaf mbak Titin Dian, saya belum ada referansi tentang hal itu. Barangkali nanti ada pembaca yang bersedia berbagi informasi. Terima kasih telah berkunjung.

      Delete
  19. Replies
    1. Manggis memang buah yang hebat. Mungkin ada informasi yang bisa dibagikan tentang manggis, saya persilahkan.

      Delete

Tanijogonegoro.com: Menyajikan Informasi Terbaik
Tanijogonegoro.com: Menyajikan Informasi Terbaik

LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus