KANDUNGAN DAN MANFAAT PISANG BAGI KEHIDUPAN

Kandungan dan Manfaat Pisang Bagi Kehidupan - Buah pisang merupakan buah yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah ini banyak ditemukan di daerah tropis, terutama di daerah-daerah yang memiliki tanah subur. Jenis buah pisang pun sangat beragam, sehingga kita bisa memilih buah tersebut sesuai kebutuhan dan selera kita. Kelebihan lain dari tanaman buah ini adalah dapat dikonsumsi secara langsung sebagai buah segar atau dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan.

Kandungan Buah Pisang

Energi yang terkandung dalam buah pisang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain. Selain mengandung energi cukup tinggi, buah pisang juga kaya akan kandungan mineral. Seperti kita ketahui bahwa mineral merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan mineral pada buah pisang diantaranya adalah kalsium, kalium, magnesium, phosphor, dan besi. Disamping itu, buah pisang juga mengandung vitamin B, B6, dan vitamin C serta mengandung serotin yang aktif sebagai neutransmitter untuk kelancaran fungsi otak. Bila dibandingkan dengan buah apel, nilai energi buah pisang jauh lebih tinggi, yaitu 136 kal/100 g, sedangkan buah apel hanya 54 kal/100 g. Karbohidrat dalam buah pisang juga mampu menyuplay energi lebih cepat dibanding nasi atau biskuit, sehingga para atlet olah raga banyak mengkonsumsi buah pisang pada saat jeda istirahat sebagai mengganti energi yang terkuras.

Kandungan energi buah pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Buah pisang memiliki kandungan karbohidrat bersifat kompleks dan tersedia secara bertahap. Sehingga dengan mengkonsumsi karbohidrat dari buah pisang dapat menyediakan energi dalam waktu singkat bahkan lebih tahan lama, serta menjadi cadangan energi cukup baik bagi tubuh.
Selain kandungan di atas, buah pisang juga banyak mengandung gula, terutama gula buah yang terdiri dari gula fruktosa berindeks sistemik lebih rendah bila dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik dimanfaatkan sebagai penyimpan energi karena metabolismenya lebih lambat. Untuk memenuhi kebutuhan energi bagi otak yang harus tersedia dengan cepat, terutama pada saat aktivitas biologis, maka buah pisang merupakan pilihan tepat sebagai penyuplai energi tersebut. Kandungan lemak pada buah pisang yang rendah, kurang lebih hanya 0.13% (lebih rendah dibandingkan buah apel), menjadikan buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang bertubuh gemuk atau orang yang takut mengalami obesitas.
Kandungan mineral yang terdapat pada buah pisang, seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan zat besi, lebih tinggi bila dibandingkan dengan bahan makanan nabati lainnya. Mineral yang terkandung pada buah pisang, khususnya zat besi, hampir 100% dapat diserap oleh tubuh. Kandungan zat besi tersebut mencapai 2 mg per 100 g berat kering. Sementara itu kandungan sengnya sebesar 0,8 mg per 100 g berat kering.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin pada buah pisang pun sangat tinggi, terutama provitamin A berupa betakaroten sebanyak 45 mg per 100 gram berat kering. Selain vitamin A, buah pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin (Vitamin B1), riboflavin (Vitamin B2), niasin (vitamin B3), serta vitamin B6 atau piridoksin. Kandungan vitamin B6 cukup tinggi, yaitu sebanyak 0,5 mg per 100 gram berat kering. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam proses sintesis serta metabolisme protein, khususnya serotin. Serotin berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Bukan hanya itu, vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Lebih lanjut, peran vitamin B6 sangat mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.
Kandungan mineral utama pada buah pisang adalah kalium. Kalium sangat besar peranannya bagi tubuh manusia, terutama berfungsi sebagai penjaga keseimbangan air, stabilitas kesehatan jantung, pengontrol tekanan darah, serta membantu transportasi oksigen ke otak. Kandungan vitamin dan kalori yang tinggi pada buah pisang menjadikan buah ini sangat baik digunakan sebagai makanan awal bagi bayi.

Pisang selain mengandung zat gizi seperti diuraikan di atas juga mengandung senyawa fructooligosaccharide. Fructooligosaccharide merupakan salah satu senyawa yang mampu mendorong bakteri probiotik, yaitu salah satu bakteri menguntungkan pada sistem pencernaan manusia. Senyawa ini berfungsi mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh para lansia.

Kandungan gizi pada beberapa varietas buah pisang di Indonesia:
Pisang Ambon:
Kalori : 99 kal
Karbohidrat : 25,8 %
Vitamin A : 140 SI
Air : 72 %

Pisang Angleng :
Kalori : 68 kal
Karbohidrat : 17,2 %
Vitamin A : 76 SI
Air : 80,3 %

Pisang Lampung :
Kalori : 99 kal
Karbohidrat : 25,6 %
Vitamin A : 61,8 SI
Air : 72,1 %

Pisang Mas :
Kalori : 127 kal
Karbohidrat : 33,6%
Vitamin A : 79 SI
Air : - (sumber tidak terbaca)

Pisang Raja :
Kalori : 120 kal
Karbohidrat : 31,80 %
Vitamin A : 950 SI
Air : 65,80 %

Pisang Raja Sere :
Kalori : 118 kal
Karbohidrat : 31,1 %
Vitamin A : 112 SI
Air : 67 %

Pisang Raja Uli :
Kalori : 146 kal
Karbohidrat : 38,2 %
Vitamin A : 75 SI
Air : 59,1 %

Sumber : Direktorat gizi, 1977

Kandungan gizi pada buah pisang per 100 gram
Kalori : 90 kkal
Karbohidrat : 22,84 g
Gula : 12,23 g
Serat : 2,26 g
Lemak : 0,33 g
Protein : 1,09 g
Vitamin A : - (sumber tidak terbaca)
Tiamin (vit. B1) : 0,031 mg
Ribloflavin (vit. B2) : 0,073 mg
Niasin (vit. B3) : 0,665 mg
Asam Fantothanik (vit. B5) : 0,334 mg
Vitamin B6 : 0,367 mg
Folat (vit. B9) : - (sumber tidak terbaca)
Kalsium : 8,7 m9
Besi : 5 mg
Vitamin C : 0,26 mg
Magnesium : 27 mg
Fosfor : 22 mg
Potasium : 358 mg
Seng : 0,15 mg

Sumber : USDA Nutrient data base, 2007

Manfaat Pisang

Tanaman pisang merupakan salah satu jenis tanaman buah yang banyak dimanfaatkan dalam aktivitas kehidupan manusia, terutama untuk berbagai keperluan hidup sehari-hari. Oleh karena itulah, tanaman buah ini dikenal sebagai tanaman multiguna. Bagian buah pisang memiliki manfaat besar terutama dalam membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain manfaat buahnya, hampir seluruh bagian tanaman juga memiliki manfaat besar bagi kehidupan, mulai dari bonggol pisang, batang, kulit buah, hingga daunnya. Bahkan dalam dunia pertanian pun memberikan sumbangan cukup signifikan, terutama pada pertanian organik. Seluruh bagian tanaman juga baik dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan pupuk organik, karena kandungan kalium dalam tanaman pisang sangat tinggi, bahkan seluruh bagian tanaman pisang mudah terdekomposisi sehingga lebih cepat tersedia di dalam tanah. Barbagai manfaat dan khasiat pisang dalam aktivitas kehidupan manusia dapat Anda simak seperti berikut:

Bonggol Pisang

Bonggol pisang adalah bagian dari tanaman pisang yang terdapat di bawah pangkal batang serta berupa umbi batang. Dengan teknologi pengolahan yang benar, bonggol pisang muda dapat dimanfaatkan maupun diolah menjadi bahan pangan olahan seperti keripik pisang yang merupakan bahan makanan kaya akan serat. Oleh masyarakat desa, air dari umbi batang pisang juga mempunyai manfaat sebagai obat tradisional, terutama dalam mengobati disentri dan pendarahan usus besar.

Batang Pisang

Batang pisang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan tali dalam pengolahan pascapanen tembakau. Selain itu manfaat batang pisang juga sering ditemui pada pembuatan pupuk kompos oleh para petani organik. Selain memiliki manfaat besar di dunia pertanian, batang tanaman pisang juga bermanfaat di sektor peternakan. Para peternak kini sudah banyak yang memanfaatkannya untuk diolah menjadi pakan ternak ruminansia terutama pada musim kemarau saat persediaan pakan terbatas. Manfaat lain dari batang pisang adalah pada bagian air atau getahnya. Air atau getah pisang juga bisa dijadikan sebagai penawar racun maupun bahan baku dalam industri obat tradisional. Selain itu, batang pisang dari jenis abaca dapat diolah menjadi serat untuk bahan dasar pembuatan pakaian atau kertas.

Daun Pisang

Oleh masyarakat pedesaan, daun pisang yang masih bagus sering dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan karena diyakini mampu menambah cita rasa. Selain itu, pemanfaatan daun pisang untuk menghias makanan juga banyak dilakukan. Sementara daun-daun tua serta robek digunakan sebagai pakan ternak, karena banyak mengandung mineral yang dibutuhkan oleh hewan ternak.

Bunga Pisang (Jantung Pisang)

Jantung pisang banyak dimanfaatkan sebagai bahan sayur oleh para ibu rumah tangga karena memiliki kandungan protein, vitamin, lemak, maupun karbohidrat dalam jumlah tinggi. Selain dijadikan sayur, manfaat jantung pisang juga sebagai olahan makanan, manisan, acar, pecel maupun lalapan.

Kulit Pisang

Kulit buah pisang juga memiliki manfaat sangat banyak, diantaranya adalah sebagai bahan pencampur cream antinyamuk serta dapat digunakan untuk membuat pactin dengan cara diekstrak serta diambil cairannya. Pemanfaatan kulit buah pisang yang paling sederhana adalah sebagai pakan ternak. Selain itu, kulit pisang bagian dalam dapat digunakan sebagai bahan pembuatan nata pisang, dengan cara dikerok kemudian dihancurkan. Manfaat lainnya dapat digunakan sebagai pembunuh larva serangga, yakni dengan menambahkan sedikit pupuk urea serta pemberian bakteri dekomposer. Dengan kata lain, kulit pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pestisida nabati. Berdasarkan hasil temuan dari Taiwan, diketahui bahwa kulit pisang yang mengandung vitamin B6 dan serotin dapat diekstrak serta dimanfaatkan untuk kesehatan mata, yaitu menjaga retina mata dari kerusakan akibat cahaya berlebih.

Buah Pisang

Buah pisang merupakan bagian dari tanaman pisang yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia. Selain itu juga merupakan bagian utama dari produksi tanaman pisang. Buah pisang sering dijadikan sebagai sumber vitamin, mineral, buah meja, maupun produk olahan seperti tepung pisang, keripik, sale, selai, sari buah, sirup, maupun berbagai jenis kue dari pisang.

Manfaat Pisang Untuk Pengobatan Alternatif

Seluruh bagian pisang memiliki manfaat besar bagi kehidupan di bumi ini, mulai dari tumbuhan, hewan, sampai manusia pun merasakan manfaatnya. Bagi manusia, selain bagian buahnya dikonsumsi sebagai buah-buahan, juga dapat dijadikan alternatif pengobatan. Bahkan para leluhur seringkali memanfaatkan pisang sebagai ramuan obat herbal alami untuk mengobati berbagai macam penyakit. Manfat pisang dalam hal ini, diantaranya adalah sebagai obat gurah alami, mengurangi resiko terserang penyakit stroke, sebagai obat sembelit, mengobati anemia, mencegah terserang penyakit jantung, membantu mengobati liver, mengurangi rasa nyeri saat datang bulan pada wanita, obat maag, mengobati gatal-gatal akibat gigitan nyamuk maupun luka karena terbakar, sebagai obat bagi penderita penyakit diabetes melitus, membantu melangsingkan tubuh, menghaluskan kulit wajah, membantu menghilangkan jerawat maupun kutil, membantu meningkatkan konsentrasi dan daya tangkap pada otak, sebagai sumber energi penambah stamina, serta membantu menguatkan tulang. Semuanya akan kami jelaskan satu per satu berikut ini :

1. Obat Gurah Alami

Manfaat buah pisang hijau dalam kesehatan adalah sebagai bahan utama saat melakukan gurah atau menghilangkan dahak. Jika Anda ingin memanfaatkannya untuk gurah hidung atau mengencerkan dahak secara alami, caranya adalah dengan membelah buah pisang hijau, lalu pada bagian tengahnya diberi minyak kelapa. Kemudian, pisang dibakar hingga matang. Setelah matang, kupas kulit buahnya lalu makan. Caranya yang sangat sederhana serta mudah untuk obat gurah membuat siapapun bisa mencobanya. Apakah Anda juga ingin mencoba?

2. Mengobati Penyakit Stroke

Kandungan buah pisang atas kalium dan potasiumnya menjadikan buah ini mempunyai manfaat besar untuk memperlancar sistem peredaran darah di tubuh manusia. Sirkulasi dalam tubuh menjadi lancar sehingga juga memperlancar peredaran oksigen ke otak. Lebih dari itu, kandungan kaliumnya membantu memperlancar denyut jantung sehingga mampu mengurangi resiko serangan penyakit stroke. Hal ini dikuatkan oleh adanya penelitian The New England Journal of Medicine, hasil studi mengatakan bahwa konsumsi buah pisang setiap hari mampu menurunkan resiko kematian akibat serangan stroke hingga 40%.

3. Mengobati Sembelit

Manfaat buah pisang sebagai obat sembelit disebabkan adanya kandungan serat cukup tinggi pada buah, yaitu sekitar 2,26 gram per 100 gram buah. Seperti diketahui, bahwa serat berfungsi memperlancar kerja usus dalam tubuh manusia, bahkan lebih dari itu serat juga mampu menyehatkan usus sehingga konsumsi buah pisang secara rutin sangat dianjurkan. Selain itu, buah pisang yang dicampur susu cair juga dapat membantu penderita penyakit usus.

4. Mengobati Anemia

Manfaat buah pisang lainnya juga ditemui pada penderita anemia. Penderita anemia dapat diobati dengan mengkonsumsi secara rutin buah pisang. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat besi dalam pisang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan hemoglobin darah. Konsumsi buah pisang secara rutin sehari dua kali (2 buah) cukup membantunya.

5. Mengurangi Resiko Terserang Penyakit Jantung

Kandungan mineral berupa kalium buah pisang mampu memperlancar denyut jantung. Konsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menstabilkan kesehatan jantung. Dalam hal ini, karena peredaran darah lancar sehingga suplai oksigen ke otak juga menjadi lancar, alhasil resiko terserang penyakit jantung dapat diminimalisir.

6. Mengobati Penyakit Liver

Bagi penderita penyakit liver, cukup mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat mengurangi derita yang dialaminya. Konsumsi pisang sebanyak dua buah bersama satu sendok madu selain akan meningkatkan nafsu makan juga mempunyai manfaat besar untuk meningkatkan stamina.

7. Mengurangi Nyeri Haid bagi Wanita

Manfaat buah pisang bagi wanita terlihat besar terutama bagi para wanita yang sering mengalami gangguan nyeri sewaktu haid datang. Konsumsi buah pisang setiap hari secara rutin mampu membantu mengurangi rasa sakit. Hal ini terjadi karena adanya kandungan vitamin B6 dalam buah pisang mampu mengurangi kadar gula dalam darah sehingga rasa sakit berkurang saat datang bulan.

8. Mengobati Sakit Maag

Buah pisang memiliki zat penangkal asam sehingga baik dikonsumsi bagi penderita sakit maag. Saat maag sedang menyerang, Anda dapat makan buah pisang untuk membantu mengurangi rasa sakit. Zat penangkal asam pada buah pisang berupa serat yang mampu membantu mentralkan asam lambung.

9. Mengobati Gatal dan Luka Terbakar

Manfaat dan khasiat buah pisang untuk mengobati gigitan serangga terletak di bagian kulit buah. Kulit pisang dapat dimanfaatkan seperti lotion antinyamuk. Selain aman, cara pemakaiannya pun cukup mudah, yaitu cukup mengoleskan bagian dalam kulit buah pisang di bentolan akibat gigitan nyamuk. Sedangkan khasiatnya untuk mengobati luka bakar terletak di bagian daun pisang. Mengoleskan abu daun pisang yang dicampur minyak kelapa dapat mengobati luka karena terbakar.

10. Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Cara pengobatan tradisional ini sering dimanfaatkan oleh rakyat Sulawesi untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Adapun jenis pisang yang digunakan dari varietas goroho. Caranya ambil beberapa buah pisang goroho tua tetapi masih belum matang, kemudian kupas, cuci sampai bersih, lalu kukus bersama parutan buah kelapa yang belum terlalu tua. Makan secara rutin sampai sembuh.

11. Obat Pelangsing Tubuh

Rasa kenyang yang ditimbulkan setelah makan buah pisang mampu mengurangi nafsu makan sehingga sangat baik membantu menurunkan berat badan. Kandungan karbohidratnya juga mampu meningkatkan stamina tubuh, tubuh menjadi tidak mudah lemas. Selain itu, adanya kandungan serat pada buah pisang, baik untuk membantu program diet, karena efeknya mengakibatkan rasa kenyang lebih lama. Konsumsi empat buah pisang setiap hari dianjurkan selama melakukan program diet.

12. Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan

Manfaat buah pisang dalam hal ini adalah membantu menghaluskan kulit wajah. Pemakaian secara teratur membantu kulit lebih cepat halus dan mulus. Caranya yang sangat mudah dapat dijadikan alternatif menjaga kecantikan kulit wajah terutama bagi para wanita, yaitu cukup melumatkan buah pisang matang, lalu tambahkan madu murni dan sedikit susu atau dapat diganti dengan minyak zaitun. Aduk hingga bercampur rata. Setelah itu oleskan ramuan pisang pada wajah secara rutin, diamkan selama kurang lebih setengah jam baru bilas menggunakan air dingin. Lakukan setiap hari secara rutin agar kulit lebih cepat halus mulus.

13. Mengobati Jerawat

Bubur buah pisang selain bagus dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit wajah seperti telah disebut di atas juga dapat membantu mengobati jerawat. Oleskan buah pisang yang sudah dilumatkan tersebut di bagian tubuh berjerawat. Lakukan secara rutin sampai jerawat Anda hilang. Selain mengobati jerawat, manfaat buah pisang lainnya juga membantu menghilangkan kutil, seperti ulasan di bawah ini.

14. Mengobati Kutil

Seperti telah disebutkan pada manfaat kulit pisang, selain sebagai lotion antinyamuk maupun membunuh larva serangga. Kulit pisang juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil di kulit. Caranya pun cukup mudah, yaitu cukup mengoleskan bagian dalam kulit buah pisang pada kutil di tubuh setiap hari secara rutin.

15. Kesehatan Otak

Manfaat buah pisang dalam hal ini disebabkan adanya kandungan serotin dan vitaminnya seperti vitamin B, B6, maupun vitamin C. Penelitian mengenai kesehatan otak pernah dilakukan pada 200 siswa yang mengonsumsi buah pisang. Diketahui dari hasil penelitian bahwa konsumsi buah pisang sebanyak tiga kali sehari mengalami peningkatan konsentrasi maupun daya tangkap lebih baik.

16. Sumber Energi

Konsumsi dua buah pisang setiap hari dapat meningkatkan stamina tubuh. Kandungan karbohidrat maupun gula dalam buah pisang berfungsi menyimpan energi tahan lama dalam tubuh sehingga stamina selalu tetap terjaga. Begitu besar manfaat buah pisang sebagai pembangkit energi sehingga dianjurkan mengonsumsinya di sela-sela kegiatan berolahraga atau saat bekerja berat.

Penguat Tulang

Adanya kandungan senyawa fructooligosaccharide menjadikan buah pisang sangat bermanfaat dalam mengurangi resiko akibat gangguan tulang. Hal ini terjadi karena senyawa fructooligosaccharidenya mampu membantu menyerap kalsium cukup baik, sehingga kebutuhan tulang akan kalsium terpenuhi. Konsumsi buah pisang secara rutin pada anak maupun lansia sangat dianjurkan untuk membantu penguatan tulang.

17. Manfaat Lainnya

Manfaat buah pisang lainnya bagi kesehatan tubuh manusia juga dalam mengobati penyakit seperti menurunkan tekanan darah tinggi (penderita hipertensi), penyumbatan pembuluh darah, mengurangi resiko stress, memberikan energi untuk berpikir serta menghindari kepikunan atau mudah lupa. Hal ini disebabkan adanya kandungan kalium tinggi pada buah pisang bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi untuk menghindari berbagai macam penyakit tersebut. Selain itu manfaat buah pisang juga baik dalam membantu mempertajam penglihatan pada lansia, terutama bagian kulit buahnya. Kandungan vitamin B6 dan serotin membantu menjaga kerusakan retina mata akibat cahaya berlebih. Sementara serat yang terkandung dalam buah pisang bermanfaat membantu pecandu rokok berhenti merokok, mengontrol suhu badan, khususnya pada ibu hamil.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga Kandungan Dan Manfaat Pisang, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, Salam Tanijogonegoro!

6 comments:

  1. Ya... disamping tidak mahal juga mudah didapat diseluruh wilayah Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita bisa rutin untuk mengkonsumsi pisang. Salam Tani Indonesia. MERDEKA!

      Delete
  2. Hem,,,,buah yg mudah d temukan d mana2 tu pisang,,selain enak vitamin nya pn banyak,,,
    #aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah potensi kita sebagai negara agraris. Disamping harganya yang terjangkau, pisang juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi bagi para pembudidaya. Salam Tani Indonesia. MERDEKA!

      Delete
  3. Pisang buah kesukaanku berarti selama ini tanpa ku sadari aku telah mengkonsumsi makanan yang banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang yang sering mengkonsumsi pisang secara rutin biasanya kesehatan tubuhnya terjaga.

      Delete


LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus

Tanijogonegoro.com: Menyajikan Informasi Terbaik