KHASIAT DAN MANFAAT MADU

Sebelum membahas khasiat dan manfaat madu, ada baiknya untuk sedikit mengulas tentang madu. Madu merupakan cairan kental berasa manis terbentuk dari nektar bunga tumbuhan oleh aktivitas lebah madu. Bahan pangan ini yang sering digunakan sebagai pemanis memiliki khasiat dan manfaat besar bagi kesehatan tubuh manusia.

Proses Terbentuknya Madu

Lebah memproduksi madu dengan cara mengambil nektar pada bunga-bunga tanaman, kemudian nektar tersebut diletakkan dalam kantung madu yang terdapat pada abdomen. Setelah lebah berada disarangnya, nektar yang telah dikumpulkan kemudian dikeluarkan untuk dikerjakan bersama lebah lain. Lebah yang mengumpulkan nektar dari bunga-bunga tanaman disebut dengan lebah pekerja. Proses produksi dilakukan dengan cara mengunyah nektar hingga halus, kemudian ditempatkan pada sel di dalam sarang hingga sel penuh. Proses selanjutnya adalah penutupan sel tersebut hingga terjadi proses fermentasi. Seekor lebah dalam satu hari mampu mengumpulkan nektar dari tumbuhan sebanyak 50 mg. Bisa dibayangkan, barapa banyak lebah yang dibutuhkan untuk memproduksi satu kilogram nektar bunga sebagai bahan dasar pembentukan madu.

Secara garis besar, proses pembentukannya adalah sebagai berikut:
  1. Lebah pekerja mengumpulkan nektar dari bunga-bunga yang mekar di tumbuhan. Hal ini bisa diperkirakan bahwa hasil kerja lebah pekerja akan meningkat saat musim berbunga tiba.
  2. Saat lebah pekerja menghisap nektar menggunakan belalainya, akan terjadi reaksi reaksi antara nektar dengan cairan saliva yang mengandung enzim-enzim hidrolase kemudian mengubahnya menjadi gula invert. Pada tahap ini, terjadi pemecahan bentuk gula.
  3. Lebah pekerja akan mengurangi kandungan air dalam gula yang telah terbentuk kemudian menghaluskan gula tersebut di dalam sarang
  4. Gula invert yang sudah dihaluskan, kemudian akan mengalami pematangan melalui proses fermentasi di dalam sarang lebah, sehingga menghasilkan madu.
Kandungan mineral dalam madu sangat lengkap serta bermanfaat bagi kehidupan manusia, terutama dalam bidang kesehatan dan pengobatan tradisional. Sebelum ditemukan gula, madu digunakan sebagai pemanis makanan atau minuman. Dengan demikian, merupakan pemanis tertua yang pernah ada.

Madu memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Madu merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki nilai gizi cukup tinggi. Oleh karena itu, hasil produksi lebah madu juga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Sejarah Pemanfaatan Madu

Manusia telah mengetahui khasiat dan manfaat madu sejak jaman purba. Bahkan pada waktu itu telah dimanfaatkan sebagai satu-satunya bahan pemanis dan sumber gula yang sangat baik untuk meningkatkan energi tubuh. Tak hanya itu, manfaat madu dalam pengobatan juga sudah dilakukan sejak jaman purba. Oleh masyarakat Mesir Kuno, yaitu pada jaman pemerintahan Raja Firaun, madu merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dimanfaatkan sebagai obat demam dan sesak napas. Bahkan pada saat itu, manfaat madu telah banyak diketahui terutama untuk melawan serangan kuman atau penyakit yang menyerang tubuh. Tak heran, jika bangsa Mesir Kuno juga memanfaatkannya sebagai salah satu bahan pengawet mayat atau yang dikenal dengan mumi. Selain itu, manfaat madu sebagai obat kejang juga telah diketahui sejak lama. Bangsa Mesir Kuno memanfaatkannya dengan mencampur lilin lebah dan madu, kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami kejang.

Manfaat madu dalam bidang pengobatan bahkan telah tercatat pada peninggalan Mesir Kuno, yaitu sekitar tahun 1553-1550 sebelum masehi. Pada waktu itu, madu banyak dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan sakit perut, peluruh kencing, serta pengobatan luka luar. Dari 900 resep pengobatan Mesir Kuno, terdapat 500 diantaranya yang berbahan dasar madu. Bahkan Ratu Cleopatra mengandalkan manfaat madu untuk menjaga kecantikannya dengan menggunakannya untuk mandi. Selain bangsa Mesir Kuno, khasiat dan manfaat madu dalam pengobatan juga telah diresepkan oleh bangsa Roma, Yunani, Asiria, dan China.

Cairan kental manis yang berasal dari nektar tumbuhan ini sampai sekarang masih banyak dimanfaatkan orang, baik untuk menjaga kesehatan maupun kebugaran tubuh serta untuk menjaga kecerdasan otak. Berikut ini akan kami jelaskan secara singkat beberapa khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan manusia.

Khasiat Dan Manfaat Madu

  1. Manfaat Madu Sebagai Obat Berbagai Penyakit - Untuk mengobati keluhan yang diakibatkan oleh penyakit tekanan darah, jantung, dan ginjal, dapat dibuat dengan menyampur madu dengan sari buah semangka. Komposisi campuran tersebut terdiri dari satu sendok makan madu dan satu gelas sari buah semangka segar.
  2. Manfaat Madu Untuk Menambah Nafsu Makan - Untuk merangsang nafsu makan, menambah daya ingat, serta menambah berat badan, dapat dilakukan dengan mencampur satu sendok makan madu dengan satu gelas sari buah mangga dan susu.
  3. Manfaat Madu Untuk Meningkatkan G@ir@h - Untuk merangsang syaraf dan hormon yang dapat meningkatkan g@ir@h s3ksu@l tubuh serta menghilangkan akibat buruk dari gairah yang berlebihan, dapat digunakan campuran madu dengan air kelapa. Komposisi campuran tersebut adalah satu sendok makan madu dan satu gelas air kelapa.
  4. Manfaat Madu Untuk Meningkatkan Fungsi Tubuh - Untuk menyembuhkan rabun malam, lemah pendengaran, lemah ingatan, dan kehilangan daya penciuman, dapat digunakan campuran madu dengan sari daun kelor segar. Komposisi campuran tersebut adalah satu sendok teh madu dan satu sendok teh sari daun kelor. Ramuan tersebut diminum setiap malam sebelum tidur.
  5. Manfaat Madu Untuk Menjaga Tubuh Agar Awet Muda - Satu sendok teh sari bawang merah dicampur empat sendok teh madu dan dua buah telur rebus setengah matang yang diminum satu kali sehari selama 3 bulan, dapat digunakan untuk mencegah munculnya uban terlalu dini dan memperkuat sistem urat saraf.
  6. Manfaat Madu Untuk Merawat Kecantikan - Madu juga bisa bisa digunakan untuk masker wajah. Bagi yang ingin menjaga kecantikan wajahnya bisa dengan mengoleskan madu murni pada wajah lalu biarkan selama 15 menit. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat. Cara lain dengan mencampurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok makan susu bubuk, lalu oleskan pada wajah. Perawatan ini berguna untuk membersihkan sisa make-up pada wajah. Bilas dengan air hangat sesudahnya.
  7. Manfaat Madu Untuk Kecantikan Kulit - Khasiat lain dari madu adalah untuk menjaga kecantikan kulit dengan mengoleskannya pada kulit tubuh. Perawatan rutin selama dua kali seminggu akan membuat kulit bertambah terang serta bersinar. Selain dioleskan, juga dapat digunakan untuk mandi, yaitu dengan menambahkan setengah cangkir madu murni ke dalam bathub saat berendam
  8. Manfaat Madu Untuk Otak - Mengkonsumsi madu secara rutin setiap pagi dan malam hari akan meningkatkan asupan gizi dan mineral. Selain itu, juga mengandung antiseptik yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, serta enzim-enzim yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak. Oleh karena itu, mengkonsumsi setiap hari akan menambah penampilan Anda menjadi semakin prima.
  9. Manfaat Madu Untuk Meningkatkan Keping Darah Dan Sel Darah Merah - Manfaat madu lainnya adalah untuk membantu pembentukan keping darah dan sel darah merah. Rasa manis yang terkandung pada madu merupakan pengaruh dari unsur monosakarida fruktosa dan glukosa dengan tingkat rasa manis yang hampir menyamai gula.

Kandungan Gizi

Peranan madu juga dapat membantu pembentukan butir-butir darah merah dan mengobati penyakit maag. Adapun kandungan gizi dalam 100 gram adalah sebagai berikut :

Karbohidrat: 9,5 g
Kalori: 294 kalori
Fosfor: 16 mg
Air 20: g
Kalsium: 5 mg
Zat besi: 0,9 mg
Vitamin C: 4 mg
Protein: 0,3 mg
(Sumber : Balai Penelitian, Bogor)

Madu yang dihasilkan oleh lebah madu memiliki warna dan rasa yang berbeda. Hal itu dipengaruhi oleh jenis bunga dan tanaman yang menjadi makanan lebah tersebut. Madu yang berasal dari bunga kopi memiliki rasa agak pahit dan berwarna cokelat gelap.

Kualitas Madu

Kualitas hasil produksi lebah madu ini sangat ditentukan oleh cara penanganan maupun pengolahannya. Dengan teknik pengolahan yang dilakukan secara benar, akan diperoleh madu berkualitas baik. Adapun kualitas yang baik adalah sebagai berikut.
  1. Madu yang berkualitas harus terjamin kemurniannya, dengan kata lain madu tersebut tidak tercampur atau sengaja dicampur dengan bahan lain.
  2. Kadar air pada madu yang berkualitas tidak lebih dari 20%, sehingga penampilan fisiknya agak kental. Semakin tinggi tingkat kekentalan, maka kualitasnya semakin baik.
  3. Madu yang berkualitas juga haru memiliki kadar gula di bawah 10 %.
  4. Pada saat pengolahan, tidak melakukan pemanasan berlebihan yakni suhu madu tidak boleh menyebabkan peningkatan kadar HMT sebesar 40 mg/kg madu.

No comments:

Post a Comment


LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus

Tanijogonegoro.com: Menyajikan Informasi Terbaik
Tanijogonegoro.com: Menyajikan Informasi Terbaik