CARA BUAT EMAIL BARU (DAFTAR EMAIL BARU)

Cara buat email baru atau daftar email baru sangat mudah, namun bagi netter pemula tentu akan sedikit mengalami kesulitan. Banyak situs yang menyediakan layanan membuat email atau pendaftaran email gratis, diantaranya yang paling ngetrend adalah YAHOO dan GOOGLE. Membuat email di Yahoo dapat menikmati berbagai fitur-fitur menarik, demikian juga dengan Google. Google sebagai salah satu situs yang merajai di dunia internet menyediakan layanan dalam membuat email atau pendaftaran email gratis dengan dilengkapi berbagai layanan maupun fasilitas yang sangat komplit. Jika membuat email baru di google, maka satu akun Google saja bisa digunakan untuk mengakses puluhan layanan dan fasilitas sekaligus, diantaranya adalah, Youtube, Blogger/Blogspot, Gmail (layanan email gratis google), Picasa Web, Google Plus, Google Books, Google Adsense, Google Maps, Google Drive, Google Site, serta masih banyak lagi. Oleh karena lengkapnya fasilitas maupun layanan yang disediakan oleh Google, pada artikel kali ini, kami akan membuat panduan bagaimana Cara Buat Email Baru atau Daftar Email Baru di Google. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat email baru, atau daftar email baru di Google.

Langkah pertama membuat email baru di Google

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat email baru di google adalah masuk ke Google Mail dengan mengetik https://mail.google.com/ di browser Anda atau klik link Gmail agar lebih mudah. Akan terbuka jendela Google Mail di browser, bagi yang sudah membiliki email Google, bisa langsung sign in dan memasukkan username serta password, namun bagi neter pemula dan belum memiliki email Google, silahkan klik tombol CREATE AN ACCOUNT atau Buat Akun Baru yang terletak di sebelah kanan atas. Lihat Gambar di bawah.

Cara Buat Email Baru atau Daftar Email Baru di Google

Buat Email Baru Di Google


Langkah kedua membuat email baru di Google

Jika sudah terbuka jendela pendaftaran Akun Google Baru atau Create a new Google Account, Isi formulir pendaftaran yang tersedia dengan data diri Anda. Kurang lebih formulir pembuatan akun baru adalah sebagai berikut :



  1. Name atau Nama, diisi dengan nama pertama maupun nama akhir Anda, misalnya pada kolom pertama diisi Soleh Bejo, lalu kolom kedua diisi Kuncoro.
  2. Choose your username atau pilih nama pengguna, diisi dengan nama pengguna yang Anda inginkan, misalnya solehbejokuncoro
  3. Create a password atau buat password, diisi dengan kata sandi yang harus diingat baik-baik. Buat kata sandi khusus yang tidak mudah ditebak siapapun, termasuk teman dekat Anda. Kata sandi ini merupakan kata rahasia, kata kunci yang nantinya digunakan untuk masuk akun Google yang Anda buat. Oleh karena itu, sebaiknya buat kata sandi dengan memasukkan karakter unik agar tidak mudah dibajak orang.
  4. Confirm your password, atau konfirmasi password yang Anda masukkan dengan cara mengetik password yang telah dimasukkan pada kolom sebelumnya.
  5. Birthday atau ulang tahun, isikan tanggal lahir Anda, misalnya pada menu bulan pilih April, kemudian kolom day/hari diisi tanggal lahir Anda misalnya 21, kolom tahun diisi tahun lahir Anda, misalnya 1989.
  6. Gender atau jenis kelamin, pilih jenis kelamin Anda, Male/Laki-laki, Female/Perempuan, Other/Lainnya.
  7. Mobile phone atau No HP, diisi dengan nomor HP Anda, misalnya 62852266xxxxx.
  8. Your Current Email Address atau Email Anda sekarang. Jika Anda sudah pernah buat email di yahoo, facebook atau email lainnya isilah kolom ini dengan alamat email yang sudah pernah Anda buat tersebut. Namun, jika Anda belum pernah buat email dimanapun, kolom ini bisa diabaikan.
  9. Prove You're not a robot, pastikan Anda bukan robot, diisi dengan kata atau angka yang ditampilkan, jika kesulitan membaca, klik tombol refresh atau panah melingkar di bawahnya.
  10. Location atau lokasi, pilih Indonesia.
  11. Langkah terakhir ketika Anda buat email baru di google adalah memberi tanda centang pada kotak kecil di bawahnya yang menyatakan bahwa Anda setuju dengan Term of Service maupun Privacy Policy Google. Pastikan Anda mencentang kotak ini sebagai bentuk persetujuan dan kesediaan untuk menaati peraturan yang dibuat oleh pihak Google.
  12. Jika sudah, klik Next Step atau Selanjutnya.
  13. Jika berhasil, akan muncul jendela baru untuk melengkapi profil yang baru Anda buat. Email baru di Google Mail sekarang sudah siap, dengan alamat solehbejokuncoro@gmail.com, Anda bisa menambahkan foto profile agar email baru yang Anda buat lebih menarik dengan mengklik tombol Add Profile Photo atau jika Anda tidak menghendaki email yang baru didaftarkan ini menampilkan foto, maka bisa diabaikan. Jika ingin melengkapi profile serta menghubungkan email baru dengan layanan Google Plus, maka pilih Next Step, kemudian ikuti instruksi selanjutnya yang akan muncul. Lihat gambar di bawah.

    Cara Buat Email Baru (Daftar Email Baru) di Google

    Buat Email Baru Di Google

Demikian panduan Cara Buat Email Baru Atau Daftar Email Baru, semoga bermanfaat. Jika ingin membuat email baru di layanan lain, dapat menggunakan Yahoo Mail, Hotmail (layanan pembuatan email gratis dari Microsoft), AOL Mail/AIMMail (layanan pembuatan email gratis dari American Online), Mail.com (layanan pembuatan email gratis milik United Internet, dan masih banyak lagi layanan untuk membuat email baru, dan gratis.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus