KANDUNGAN DAN MANFAAT SUSU KEDELAI

Kandungan dan manfaat susu kedelai sangat banyak, bahkan kandungan gizi susu kedelai bisa dikatakan setara atau berimbang dengan kandungan gizi susu sapi, bahkan para ilmuwan dan peneliti sudah menemukan beberapa kelebihan yang terdapat pada susu kedelai. Tingginya kandungan nutrisi serta banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari susu kedelai menjadikan bahan pangan ini mulai dilirik oleh masyarakat.

Dewasa ini, susu kedelai memang mulai digemari oleh masyarakat, dimana sebelumnya sempat meragukan kualitas susu kedelai. Selain mudah diproduksi, baik oleh perseorangan maupun industri makanan, susu kedelai juga dijual dengan harga relatif terjangkau. Peningkatan konsumsi masyarakat terhadap susu kedelai telah membuka peluang usaha baru, yaitu menjual susu kedelai kemasan, yang kini marak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Beberapa produk susu kedelai mulai banyak bermunculan di pasaran, dengan aneka kemasan serta cita rasa. Tidak hanya dijual dengan kemasan sederhana, susu kedelai juga telah dijual dengan kemasan eksklusif di berbagai supermarket atau mal.

Kacang kedelai sebagai bahan dasar pembuatan susu kedelai, sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan makanan penghasil protein nabati yang sangat tinggi. Namun begitu, produksi kacang kedelai di negara kita yang notabenenya merupakan negara agraris masih belum mencukupi kebutuhan kedelai dalam negeri. Hal ini terbukti dengan banyaknya komoditas kedelai di pasaran yang diimpor dari luar negeri. Kacang kedelai yang telah diolah menjadi susu tentu saja memiliki kandungan protein nabati (protein kedelai) jauh lebih tinggi. Bahkan kandungan gizi susu kedelai memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri dibanding susu sapi.

Berdasarkan beberapa hasil penelitian, para ahli gizi mengatakan bahwa susu kedelai sangat aman dikonsumsi oleh bayi berusia di atas empat tahun, karena susu kedelai lebih tidak beresiko terkontaminasi bakteri patogen yang dapat mengganggu kesehatan bayi. Hal ini tentu menjadi solusi bagi bayi yang alergi susu sapi, sehingga tetap memiliki alternatif asupan sumber gizi, yaitu susu kedelai sebagai susu formula bayi.



Manfaat dari susu kedelai tidak sekedar sebagai bahan pangan pengganti susu sapi, tetapi juga didukung dengan tingginya kandungan gizi serta nutrisinya. Sehingga mengkonsumsi susu kedelai secara rutin merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Berikut ini kami sajikan beberapa nutrisi atau zat gizi yang terkandung dalam susu kedelai.

  1. Protein nabati atau protein kedelai : 38%
  2. Lemak tidak jenuh : 18%
  3. Serat : 15%
  4. Mineral, yang terdiri dari :
    1. Kalsium, untuk membantu pertumbuhan dan kekuatan tulang maupun gigi.
    2. Isoflavon, untuk mencegah serangan penyakit kanker.
    3. lesitin, untuk membantu meningkatkan daya ingat seseorang.
  5. Vitamin D, vitamin E, dan vitamin B.
Dengan kandungan nutrisi sebesar itu, membuktikan bahwa susu kedelai memiliki kualitas yang tidak kalah dibanding susu sapi. Bahkan susu kedelai memiliki kelebihan-kelebihan lain dibanding susu sapi, salah satunya adalah tidak mudah terkontaminasi oleh bakteri patogen.

Selain kandungan-kandungan yang tersebut di atas, susu kedelai juga miliki kandungan estrogen serta phytoestrogens yang telah terbukti memiliki manfaat besar untuk meningkatkan daya ingat atau memori maupun kemampuan belajar, terutama pada wanita. Oleh karena itu, mengkonsumsi susu kedelai jika Anda alergi susu hewani, dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh Anda.

Dengan demikian, kita tidak perlu lagi meragukan kualitas susu kedelai untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain bermanfaat sebagai penopang kesehatan tubuh, susu kedelai juga memiliki manfaat yang tinggi dalam menjaga kesehatan maupun kesegaran otak.

Demikian informasi yang kami sajikan mengenai Kandungan Dan Manfaat Susu Kedelai, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus