MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI KESEHATAN

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan – Air merupakan sumber kehidupan bagi semua mahluk hidup, tak terkecuali manusia. Tanpa air, bisa dipastikan tidak akan ada kehidupan di bumi. Begitu pula dengan manusia, kita tidak akan bisa bertahan hidup tanpa air. Kekurangan air akan mengganggu bahkan membahayakan kesehatan manusia. Oleh karena itulah pentingnya kecukupan air bagi tubuh.

Minum air putih dengan ukuran yang dianjurkan atau sesuai dengan kebutuhan tubuh sangat berperan dalam menjaga kesehatan kita. Pada artkel ini, kami akan membahas beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan. Semoga dengan membaca artikel ini, akan timbul kesadaran untuk membiasakan minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Pelangsing Tubuh

Anda sedang dalam program diet agar tubuh menjadi langsing? Minum air putih akan membantu program diet Anda. Biasakan sebelum dan setelah makan untuk minum satu gelas. Hal ini tentu akan menambah rasa kenyang, dengan demikian secara tidak langsung akan membatasi porsi makan Anda. Terlebih lagi air putih sangat membantu proses metabolisme tubuh. Perlu untuk diketahui, bahwa tubuh kita akan selalu bekerja untuk menghangatkan air, terutama jika sedang dalam aktivitas tinggi. Dalam proses itu, beberapa kalori di dalam tubuh juga akan ikut terbakar. Oleh karena itu, gantilah kebiasaan Anda minum air berkalori dengan air putih.

Sumber Energi Bagi Tubuh




Anda pernah mengalami dehidrasi? Ya, kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan memang membuat kita merasa tidak bertenaga. Dengan suplai air yang cukup, energi kita akan segera pulih kembali. Air akan membantu proses transportasi oksigen dan nutrisi di dalam darah. Dengan demikian, kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh akan lebih ringan. Oleh karena itu, disamping menghasilkan energi bagi tubuh, minum air putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengurangi Tingkat Stres

Oleh karena jaringan otak manusia tersusun atas 85% air, maka kondisi tubuh yang kekurangan air akan menurunkan fungsi dan kemampuan otak kita untuk mengolah informasi. Dengan demikian, kekurangan air dapat meningkatkan resiko stres. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi, terutama saat Anda sedang dalam aktivitas atau pekerjaan. Sediakan selalu air putih di meja kerja Anda.

Membantu Pergerakan Otot dan Persendian

Kekurangan cairan akan memicu terjadinya kram karena pelumasan otot dan persendian tidak berjalan maksimal. Dengan minum air yang cukup, pelumasan otot dan persendian akan berjalan dengan baik, terutama jika Anda dalam kondisi aktivitas yang tinggi, misalnya sedang berolah raga.

Menjaga Kulit Tetap Lembab Dan Bercahaya

Saat Anda mengalami dehidrasi, kulit akan mengerut dan garis-garis kulit akan tampak lebih tajam. Dengan minum air putih, maka sel-sel kulit akan cukup cairan dan kembali terangkat sehingga kulit Anda terlihat lebih kencang. Minum air putih juga akan membantu sirkulasi dan aliran darah, sehingga kulit Anda akan tampak lebih cerah dan bercahaya.

Air Putih Membantu Proses Sekresi Dalam Tubuh

Air akan membantu proses pelarutan dan pencernaan makanan. Dengan demikian, keberadaan air sangat dibutuhkan untuk membantu proses pengeluaran sisa-sisa pencernaan. Seseorang yang mengalami dehidrasi akan mengalami kesulitan saat membuang kotoran tersebut. Dengan demikian, air akan membantu serat dalam sistem pencernaan tubuh.

Mengurangi Resiko Penyakit Ginjal

Air putih akan membantu peran dan fungsi ginjal. Dengan minum air yang cukup, garam dan mineral yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dicairkan dan dikeluarkan bersama urin. Oleh sebab itu, minum air putih mengakibatkan Anda sering bolak-balik ke kamar kecil untuk buang air. Namun, hal tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Demikian informasi pendek yang kami sajikan mengenai Khasiat Dan Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus