KANDUNGAN DAN MANFAAT MANGGA

Kandungan dan Manfaat Mangga - Mangga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki aroma khas cukup kuat. Aroma pada buah mangga disebabkan oleh kandungan zat yang mudah menguap. Komponen utama pembentuk daging buah mangga adalah air dan karbohidrat. Karbohidrat tersebut terdiri dari gula sederhana, tepung, serta selulosa. Sementara gula sederhana yang terkandung dalam buah mangga terdiri dari sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Oleh karena kandungan gula sederhana tersebut, membuat buah mangga memiliki rasa manis cukup tinggi. Sehingga buah mangga sangat cocok untuk memulihkan energi setelah berolah raga atau aktivitas berat. Sementara itu, kandungan selulosa maupun pektin dalam buah mangga dapat meningkatkan fungsi serta aktivitas pencernaan, sehingga mempunyai manfaat dalam membantu memperlancar BAB.

Selain karbohidrat, buah mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, tanin, dan bermacam-macam asam. Rasa asam pada buah mangga berkisar antara 0.13%-0.17%, tergantung pada varietasnya.

Kandungan Gizi Buah Mangga

Dalam 100 gram daging buah mangga mentah mengandung :
Air : 90%
Protein : 0.70%
Lemak : 0.10%
Gula : 8.80%
Serat : -
Mineral : 0.40%
Kapur : 0.03%
Phosphor : 0.02%
Vitamin A : 150 I.U
Vitamin B2 : 0.03 mg
Vitamin C : 3.00 mg
Kalori : 39 kal.

Dalam 100 gram daging buah mangga matang mengandung :
Air : 86.10%
Protein : 0.60%
Lemak : 0.10%
Gula : 11.80%
Serat : 1.10 mg
Mineral : 0.30%
Kapur : 0.01%
Phosphor : 0.02%
Kalium : 189 mg
Besi : 3 mg
Vitamin A : 4.800 I.U
Vitamin B1 : 0.04 mg
Vitamin B2 : 0.05 mg
Vitamin C : 13.00 mg
Asam nicotinat : 0.30 mg
Kalori : 50-60 kal.

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan




Kandungan gizi buah mangga tersebut mempunyai manfaat besar untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, buah mangga juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit. Berikut ini kami uraikan beberapa manfaat buah mangga :

1. Antioksidan

Selain kandungan gizi tersebut di atas, buah mangga juga mengandung beta-karoten. Beta-karoten merupakan zat yang di dalam tubuh manusia akan diubah menjadi vitamin A. Kandungan beta-karoten maupun vitamin C pada buah mangga berperan sebagai antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan senyawa tidak stabil di dalam tubuh yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Oleh karena itu, buah mangga juga mempunyai manfaat untuk memberikan perlindungan tubuh dari serangan penyakit kanker. Vitamin C juga berfungsi sebagai penghambat produksi natrosamin, yaitu zat pemicu timbulnya sel kanker. Selain itu, buah mangga juga sebagai sumber beta crytoxanthin, yang menjadi zat pembasmi kanker.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Kandungan vitamin C pada buah mangga yang cukup tinggi, selain berfungsi sebagai antioksidan, juga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh kapiler, gigi, maupun gusi. Vitamin C juga berperan sebagai stabilisator jaringan penghubung serta mempercepat penyembuhan luka.

3. Mengurangi Resiko Serangan Stroke

Salah satu peran kalium dalam tubuh adalah sebagai stabilisator denyut jantung, meningkatkan fungsi kontraksi otot, serta membantu normalisasi tekanan darah. Seseorang yang mengonsumsi kalium secara teratur dapat menekan efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian, secara bebas kalium berperan dalam mengurangi resiko serangan stroke. Selain itu, mengonsumsi buah mangga secara rutin dapat mengurangi resiko serangan penyakit jantung. Kecukupan akan unsur kalium oleh tubuh kurang lebih 400 mg per hari. Sehingga dengan mengonsumsi sebutir buah mangga dengan berat 300 gram sudah mampu mencukupi kebutuhan kalium tubuh Anda.

4. Menjaga Kesehatan Mata, Mulut, Tenggorokan, dan Pencernaan

Buah mangga juga mengandung asam galat, dimana asam galat ini dapat meningkatkan sistem pencernaan tubuh. Sementara itu, kandungan riboflavin dalam buah mangga mempunyai manfaat dalam menjaga kesehatan mata, mulut, maupun tenggorokan.

Manfaat Buah Mangga untuk Pengobatan Alternatif

Buah mangga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif berbagai macam penyakit. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh buah mangga. Namun, karena keterbatasan referensi, pada artikel ini hanya akan diuraikan cara pengobatan beberapa penyakit saja menggunakan buah mangga, berikut penjelasannya :

1. Pengobatan Radang Kulit dan Eksim

Manfaat buah mangga untuk obat eksim dapat Anda coba ramuan berikut: Ambil kulit buah mangga kurang lebih sebanyak 150 gram. Cuci hingga bersih, kemudian dimasak dalam 1.000 ml air. Jika sudah hangat, gunakan air tersebut untuk membasuh kulit yang terserang penyakit.

2. Pengobatan Influensa

Ambil kulit buah mangga kurang lebih sebanyak 200 gram. Cuci hingga bersih, kemudian tambahkan 10 gram jahe tumbuk dan dua lembar daun bawang putih. Rebus semua bahan dengan 400 ml air hingga air tersisa 200 ml. Saring, lalu minum selagi hangat. Lakukan tiga kali sehari. Semoga dengan cara ini Anda terbebas dari derita sakit flu.

3. Mengobati Mabuk Perjalanan

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mabuk di perjalanan, tentu saja sangat menderita dengan kebiasaan tersebut. Namun, kini ada cara menarik untuk menghilangkan kebiasaan mabuk di perjalanan. Sebelum berangkat perjalanan, manfaatkan saja buah mangga, caranya, ambil daging buah mangga yang telah dikeringkan. Rebus dengan air secukupnya, kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis, kurang lebih dua sendok makan, tambahkan madu. Minum ramuan buah mangga selagi air masih hangat.

4. Manfaat Buah Mangga untuk Terapi

Selain dapat dimanfaatkan untuk pengobatan, manfaat buah mangga juga bisa untuk terapi berbagai penyakit. Terapi buah mangga sangat sederhana, cukup mengonsumsi buah mangga secara rutin. Beberapa jenis terapi yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan buah mangga ini antara lain menurunkan suhu badan tinggi, pembersih darah, atau menghilangkan bau badan.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus