MANFAAT BUAH NAGA SEBAGAI TANAMAN OBAT TRADISIONAL YANG BERKHASIAT AMPUH

Khasiat dan Manfaat Buah Naga - Tanaman buah naga dikenal memiliki khasiat dan manfaat sebagai tanaman obat tradisional. Oleh karena itu tidak mengherankan jika pamor buah ini kini sangat naik daun dalam pengobatan tradisional. Tanaman obat yang memiliki reputasi sangat bagus sebagai obat herbal ini padahal merupakan pendatang baru dalam dunia buah-buahan di Indonesia. Tanaman buah naga berasal dari daerah Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Oleh bangsa China, tanaman obat tradisional ini dikenal dengan sebutan Huo Lung Kuo.

Jenis Tanaman Obat Tradisional Buah Naga

Tanaman obat tradisional ini terdiri dari beberapa jenis atau varietas yang cukup dikenal, diantaranya adalah Hylocereus undatus yang merupakan buah naga berkulit merah dengan daging putih, Hylocereus polyrhizus adalah buah naga berkulit merah dengan daging buah merah keunguan dan banyak dibudidayakan di daerah China dan Australia, Hylocereus costariciensi adalah buah naga berkulit merah dengan daging buah merah sehingga sering juga disebut dengan buah naga super red, dan Selenicereus megalanthus adalah buah naga berkulit kuning dengan daging buah putih kebiruan.

Buah Naga Salah Satu Jenis Tanaman Obat Tradisional Yang Enak Dimakan

Kandungan air dalam daging buah ini sangat tinggi, yaitu sekitar 90,20%. Dengan kandungan air yang sangat tinggi membuat buah ini sering dimanfaatkan sebagai pelepas dahaga. Buah naga sering dikonsumsi dalam bentuk segar maupun olahan. Banyak yang memanfaatkan tanaman obat herbal ini sebagai campuran es buah, dibuat eskrim, jus, maupun dalam bentuk olahan selai.

Komposisi Dan Kandungan Gizi Tanaman Obat Tradisional Buah Naga




Secara umum, komposisi dan kandungan gizi tanaman obat tradisional buah ini dari berbagai jenis atau varietas adalah sebagai berikut:
Kadar gula : 13-18 briks
Air : 90,20%
Karbohidrat : 11,5%
Asam : 0,139%
Protein : 0,53%
Serat : 0,71%
Kalsium : 134,5 mg/100g
Fosfor : 8,7 mg/100g
Magnesium : 60,4 mg/100g
Vitamin C : 9,4 mg/100g

Khasiat Dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi tersebut sangat mendukung peran buah ini sebagai tanaman obat herbal tradisional. Khasiat dan manfaat buah naga ini cukup banyak bahkan dikenal memiliki khasiat yang luar biasa untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Beberapa diantaranaya adalah sebagai penyeimbang gula darah dan pencegah kanker usus. Khasiat dan manfaat buah naga juga terlihat pada penderita penyakit ginjal karena dengan mengkonsumsi buah ini kerja ginjal berfungsi dengan baik. Selain itu, masih banyak khasiat dan manfaat buah naga lainnya, diantaranya untuk menurunkan kolesterol, pencegah perdarahan, meningkatkan kesehatan mulut, meningkatkan kemampuan kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, mengobati sembelit, mengobati hipertensi atau darah tinggi, serta banyak digunakan sebagai obat keputihan dan bahan kosmetik. Kandungan nutrisi yang sangat kompleks tersebut dapat meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh. Dalam kebudayaan Tionghoa, buah ini sering digunakan sebagai obat untuk menghaluskan dan mempercantik kulit.

Khasiat dan Manfaat Buah Naga atas Kandungan Seratnya

Kandungan serat yang cukup tinggi pada tanaman obat tradisional ini dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat juga berperan dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan, serat akan mengikat asam empedu dan lemak yang kemudian dikeluarkan bersama kotoran. Semakin tinggi konsumsi serat seseorang maka semakin banyak asam empedu dan lemak jenuh yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kandungan seratnya juga berperan dalam membantu proses pencernaan makanan, yaitu dengan memperpendek transit time atau waktu yang dibutuhkan selama proses pencernaan makanan berlangsung. Disamping itu, serat juga memiliki kemampuan untuk mengikat zat-zat karsinogenik, sehingga kesehatan tubuh akan lebih terjaga. Serat pangan yang terkandung pada tanaman obat herbal ini juga sangat efektif untuk mencegah serangan penyakit jantung, diabetes melitus, kanker, stroke, dan penyakit kardiovaskuler lain.

Khasiat dan Manfaat Buah Naga atas Kandungan Beta-Karotennya

Manfaat buah naga atas kandungan beta karoten yang banyak terdapat dalam buah ini ternyata sangat banyak. Selain dapat membantu mempertajam penglihatan, beta karoten juga sangat efektif dikonsumsi oleh penderita penyakit kanker. Betakaroten merupakan provitamin A yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Selain berfungsi dalam proses penglihatan, vitamin A juga berperan dalam membantu proses metabolisme tubuh. Kandungan betakaroten pada tanaman obat herbal buah naga juga berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Oleh karena itu, tanaman obat tradisional ini cukup efektif melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker. Selain itu, karoten juga berperan dalam peningkatan kemampuan berpikir otak.

Khasiat dan Manfaat Buah Naga pada Bagian Daun dan Kulit

Selain daging buahnya, khasiat dan manfaat buah naga juga dapat ditemui pada bagian daun dan kulit. Menurut banyak penelitian, bagian daun dan kulit dari buah ini dapat membantu mengobati berbagai macam penyakit. Namun, pemanfaatan daun dan kulit sebagai obat tradisional masih belum banyak dilakukan. Hal ini kemungkinan karena kulit dan daunnya memerlukan penanganan tersendiri, sehingga tidak cukup praktis untuk dijadikan sebagai obat herbal tradisional bila dibanding dengan daging buahnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rosario Vargas Sols, dari salah satu Universitas di Meksiko, diketahui bahwa ekstrak kloroform daun buah naga mengandung senyawa yang memiliki khasiat setara dengan troxerutin, obat pelindung pembuluh darah mikro. Senyawa yang terkandung dalam ekstrak daun buah naga tersebut dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi resiko serangan pecahnya pembuluh darah. Pada penelitian lain yang dilakukan oleh Li-chen Wu, diketahui bahwa ekstrak kulit buah berdaging merah dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menghambat pertumbuhan sel tumor.

Demikian informasi ini kami sajikan, semoga artikel Manfaat Buah Naga Sebagai Tanaman Obat Tradisional Yang Berkhasiat Ampuh bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus