KHASIAT DAN MANFAAT KELAPA SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Kandungan Dan Manfaat Kelapa Sebagai Obat Tradisional – Sebagai buah tropis, kelapa merupakan komoditas yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan minyak kelapa tergolong jenis minyak goreng yang tidak mengandung kolesterol, sebaliknya minyak kelapa justru berperan dalam membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah. Sebuah penelitian yang dilakukan di kepulauan Pasifik dan Asia menyebutkan bahwa mengonsumsi minyak kelapa secara rutin dapat menekan resiko terserang penyakit jantung.

Kandungan Kelapa

Buah kelapa dikenal banyak mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral dengan jumlah yang ideal. Beberapa mineral yang terkandung dalam buah kelapa diantaranya adalah zat besi 11%, phosphor 9%, kalium 8%, seng, kalsium, dan magnesium. Buah kelapa juga mengandung protein dan kalori yang tinggi. Kandungan seratnya juga cukup tinggi dengan jumlah yang setara dengan sumber serat lain, misalnya gandung, sehingga dengan mengonsumsi buah kelapa akan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Kandungan daging buah kelapa yang sangat penting dan jarang terdapat pada sumber pangan lain adalah asam laurat, yaitu jenis asam lemak yang ditemukan pada ASI (Air Susu Ibu). Asam lariat berperan dalam memerangi bakteri dan patogen lain di dalam usus. Sedangkan air kelapa banyak digunakan sebagai bahan dasar minuman berenergi. Sementara pemanfaatan air kelapa di bidang medis biasa digunakan sebagai infus hidrat untuk mengatasi dehidrasi, yaitu kondisi tubuh yang mengalami kekurangan cairan. Selain itu, minyak kelapa juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menghaluskan kulit dan kesehatan rambut.

Manfaat Kelapa




1. Obat Penurun Panas

Air kelapa bisa dimanfaatkan sebagai obat penurun panas, yaitu dengan cara mencampur satu gelas air kelapa dengan dua sendok makan madu murni. Minumkan setiap pagi dan sore untuk orang dewasa. Sedangkan untuk balita sebanyak setengah gelas air kelapa dengan satu sendok makan madu. Minumkan setiap pagi dan sore hari.

2. Obat Panas Dalam

Air kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai obat panas dalam, yaitu dengan mengambil air satu butir kelapa hijau. Tambahkan satu butir telur ayam kampung. Minum pada siang hari.

3. Obat Penawar Racun

Air kelapa muda hijau sudah banyak diketahui dapat menyembuhkan keracunan. Caranya cukup mudah dan sederhana, yaitu dengan meminum air dari satu butir kelapa muda hijau sampai habis.

4. Obat Demam Berdarah

Air kelapa muda hijau bisa dimanfaatkan sebagai obat demam berdarah. Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, pemanfaatan air kelapa muda hijau bersamaan dengan jus jambu biji efektif memulihkan stamina akibat serangan penyakit demam berdarah. caranya dengan mengambil air satu butir kelapa dan tambahkan satu buah jeruk nipis. Minumkan kepada penderita demam berdarah, sehari tiga butir kelapa dan tiga butir jeruk nipis. Dalam waktu 10 hari kesehatan sudah pulih.

5. Obat Flu

Daging kelapa hijua juga berkhasiat untuk mengobati sakit flu. Daging buah kelapa dicampur dengan kencur, caranya, campur daging buah kelapa yang diparut sebanyak seperempat butir dengan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari yang diparut atau 10 rimpang kencur yang berukuran kecil-kecil. Campur kedua bahan tersebut, kemudian tambahkan 200 ml air hangat. Peras dan diminum airnya dua kali sehari.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus