KANDUNGAN DAN MANFAAT STRAWBERRY BAGI KESEHATAN

Kandungan Dan Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan - Strawbery memiliki bentuk yang cukup unik, jika dilihat dari salah satu sisi, buah ini memiliki bentuk menyerupai hati. Selain bentuknya unik, strawberry juga memiliki warna merah menyala jika sudah matang, sehingga sangat menggoda untuk memakannya. Buah yang berkualitas tinggi memiliki rasa manis dan segar. Karena biasa dijual dengan harga yang relatif mahal, buah strawberry menjadi salah satu buah elit. Namun, terlepas dari berapa harga yang dibanderol untuk buah cinta ini, strawberry memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut ini akan kami uraikan secara singkat mengenai kandungan dan khasiat buah strawberry bagi kesehatan.

Strawberry sudah dikenal semenjak jaman Yunani Kuno karena memang memiliki warna, cita rasa, dan bentuk yang unik. Hingga akhirnya buah strawberry secara resmi digunakan sebagai lambang Dewi Cinta. Kurang lebih ada sekitar 700 varietas buah strawberry yang tersebar di seluruh dunia, beberapa diantaranya yang paling dikenal dan menyebar luas adalah varietas Fragaria chiloensis L., dan Fragaria vesca L.

Perlu diketahui bahwa warna merah yang menyemburat menyala saat buah sudah matang disebabkan kandungan pingmen warna antosianin yang mengandung antioksidan tinggi. Dengan kandungan antioksidan tersebut, tentu kita semua sepakat bahwa strawberry memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan. Selain kandungan antioksidan, beberapa nutrisi penting yang juga terdapat pada buah cinta ini adalah vitamin C, folat, potasium, asam ellagic, serta diperkaya dengan serat dan rendah kalori.



Kandungan nutrisi yang lengkap pada buah strawberry sangat membantu mencegah kanker. Bahkan penyakit Leukemia yang merupakan kanker darah dan sangat mematikan juga bisa dicegah dengan mengonsumsi buah strawberry setiap hari. Selain mencegah kanker, buah strawberry juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Strawberry berperan dalam mencegah resiko serangan stroke. Buah strawberry mengandung zat antiradang dan antialergi, serta dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan panas dalam. Jika dibandingkan dengan buah dan sayuran lain, kandungan antioksidan pada buah strawberry lebih tinggi. Oleh karena itu, buah cinta ini memiliki khasiat yang lebih baik untuk mencegah proses oksidasi jaringan tubuh, sehingga dapat menghambat penuaan dini. Karena kandungan gulanya juga rendah, buah strawberry aman untuk diet penderita penyakit diabetes melitus.

Kandungan vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan provitamin A dalam buah strawberry berkhasiat untuk memperindah, menghasulkan, dan mempercantik kulit. Khasiat lain buah strawberry adalah kemampuannya memutihkan gigi. Perawatan gigi yang mudah hanya dengan menggosokkan buah ini ke permukaan gigi. Bagi penderita encok, mengonsumsi delapan buah strawberry setiap hari sangatlah cocok, karena kebutuhan vitamin C tubuh sudah dapat dipenuhi.

Selain buah, daun strawberry ternyata memiliki manfaat yang tak kalah ampuh. Pada daunnya terdapat kandungan zat astringent. Untuk mengatasi diare, cukup minum air rebusan daun strawberry satu gelas sebanyak tiga kali sehari.

Untuk mengoptimalkan khasiat dan manfaat buah strawberry, sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi segar karena buah strawberry yang sudah dijadikan olahan, khasiatnya sudah menurun. Hal yang harus diperhatikan adalah, penyimpanan strawberry harus dilakukan dengan benar, karena buah ini mudah sekali rusak dan cepat menular pada buah lain yang masih sehat. Oleh karena itu, agar daya tahan lebih lama, sebaiknya Anda lebih teliti dalam menyimpannya.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus