TANAMAN OBAT UNTUK MENGOBATI ASAM URAT

Tanaman Obat untuk Mengobati Asam Urat – Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan akibat mengonsumsi zat purin secara tidak terukur. Di dalam tubuh, melalui proses metabolisme, zat purin kemudian diolah menjadi asam urat. Namun, jika konsumsi zat purin terlalu banyak, ginjal akan kesulitan mengeluarkannya bersama air kencing, sehingga akan terbentuk kristal asam urat dan menumpuk di persendian. Menumpuknya kristal asam urat tersebut mengakibatkan nyeri, bengkak, dan meradang, terutama pada bagian persendian. Produksi kristal asam urat yang berlebihan juga bisa disebabkan terganggunya fungsi lever, sehingga lever memproduksi asam urat secara berlebihan. Asam urat yang berlebihan tersebut akan ditampung di dalam ginjal, sehingga berpotensi membentuk batu ginjal. Sebagian lagi akan dikirim ke bagian tubuh lain, sehingga terjadi penumpukan kristal asam urat, terutama di persendian.

Hingga saat ini belum ada obat kimia yang efektif untuk menggerus tumpukan kristal asam urat tersebut. Penderita penyakit asam urat biasanya hanya diberi obat-obat penahan nyeri. Namun, dengan memanfaatkan tanaman herbal, justru dapat mengurai tumpukan kristal asam urat pada persendian dan dikeluarkan bersama urin.

Buah Merah

Buah merah atau Pandanus conoideus merupakan tanaman tradisional yang berasal dari Papua. Buah merah mengandung senyawa aktif tokoferol. Pada sari buah merah, kandungan tokoferol tersebut sebanyak 11.000 ppm. Tokoferol dapat berfungsi untuk mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja lever. Jika fungsi lever kembali normal, maka produksi asam urat yang dihasilkan juga dalam jumlah yang normal. Dengan demikian, buah merah dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat.

Daun Sirsak

Daun sirsak banyak mengandung senyawa-senyawa penting yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk salah satunya sebagai obat asam urat. Beberapa kandungan senyawa penting tersebut antara lain acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid dan muricapentocin. Hal ini membuat daun sirsak memiliki khasiat yang dahsyat untuk mengobti berbagai macam penyakit, termasuk salah satunya sebagai obat asam urat. Untuk memanfaatkan khasiat daun sirsak sebagai obat asam urat, dapat dilakukan dengan merebus kurang lebih 10 lembar daun sirsak segar dengan air sebanyak dua gelas. Perebusan dilakukan hingga air tersisa satu gelas. Minum setiap pagi dan sore hari.

Mahkota Dewa

Mahkota dewa diketahui memiliki khasiat yang luar biasa sebagai obat tradisional. Tanaman ini berasal dari Papua yang memiliki nama latin Phaleria macrocarpa. Perasan daging buah mahkota dewa mempunyai efek antihiperuresemia yang dapat menurunkan kadar asam urat. Berbagai penelitian ilmiah telah dilakukan untuk menguji khasiat mahkota dewa sebagai obat asam urat. Untuk memanfaatkan mahkota dewa sebagai obat asam urat dapat dilakukan dengan merebus lima gram daging buah mahkota dewa dalam lima gelas air. Perebusan dilakukan hingga air tersisa dua gelas. Minum rebusan tersebut sebanyak 3 kali 1 gelas sehari.

Daun Kumis Kucing

Daun kumis kucing merupakan tanaman obat asli Indonesia yang berasal dari famili Lamiaceae/Labiateae. Tanaman obat ini memiliki nama ilmiah Orthosiphon aristatus, dan merupakan tumbuhan berbatang tegak basah. Diketahui bahwa daun kumis kucing mengandung glikosida orthosiphonin yang dapat berperan sebagai pelarut asam urat, asam fosfat, dan asam oksalat dalam tubuh. Dengan demikian, daun kumis kucing memiliki khasiat yang ampuh untuk menggerus asam urat. Bahkan tanaman kumis kucing sudah banyak dibudidayakan terutama untuk bahan baku obat-obat tradisional. Untuk memanfaatkan daun kumis kucing sebagai obat asam urat dapat dilakukan dengan merebus 10-15 lembar daun kumis kucing dalam dua gelas air. Perebusan dilakukan hingga air tersisa satu gelas. Minum sebanyak tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.


LOGO TANIJOGONEGORO
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus