KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH ANGGUR BAGI KESEHATAN

Kandungan Dan Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan – Anggur merupakan salah satu jenis buah mewah yang harganya cukup mahal. Hampir setiap orang telah mengenal tanaman ini meskipun belum pernah mengonsumsinya. Namun, terlepas dari harganya yang cukup mahal, buah ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Buah Anggur diketahui mengandung antioksidan dan serat yang cukup tinggi.

Selain kandungan antioksidan dan serat tersebut, buah anggur juga diperkaya dengan berbagai kandungan nutrisi, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Vitamin C yang terdapat pada buah anggur, selain berperan dalam menjaga kesehatan mulut (berperan sebagai antisariawan), gigi, dan gusi, juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh. Sementara itu, kandungan vitamin B6 dalam buah anggur diketahui dapat menormalkan fungsi otak.

Selain daging buahnya, biji buah anggur ternyata memiliki khasiat yang tak kalah ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh. Biji buah anggur mengandung pycnogenol dan penguat kolagen untuk kelenturan pembuluh darah, sehingga pembuluh darah tidak mudah mengalami penyempitan. Sementara itu, kulit buah anggur mengandung flavonoid yang juga berperan sebagai antioksidan. Pada kulit buah anggur juga mengandung zat resveratrol yang dapat mencegah penyakit kanker dan menjaga tubuh agar tetap awet muda.

Kandungan antioksidan yang sangat beragam serta serat yang cukup tinggi pada buah anggur menjadikan buah mewah ini memiliki khasiat yang besar dalam menanggulangi serangan penyakit kanker. Diketahui bahwa antioksidan berperan dalam menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Sementara itu, radikal bebas berpotensi sebagai pemicu tumbuhnya sel kanker.



Menurut laporan yang dikeluarkan oleh The George Mateljan Foundation, buah anggur memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Paling tidak dalam 100 gram buah anggur mengandung 25 komponen nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Selain itu, buah anggur juga mengandung mineral-mineral penting, salah satunya adalah mangan. Mangan diperlukan oleh tubuh kita untuk membantu proses sintesis energi, metabolisme lemak, serta pembentukan jaringan ikat dan tulang.

Kandungan senyawa kimia lain yang terdapat pada buah anggur adalah karotenoid dan likopen. Kedua senyawa kimia tersebut sudah sangat dikenal di bidang kesehatan karena perannya dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap gangguan penyakit. Karotenoid dan likopen juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari aktivitas-aktivitas radikal bebas. Radikal bebas berpotensi sebagai penyebab berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, serta berbagai penyakit penuaan lainnya.

Seperti halnya buah-buahan lain yang memiliki rasa manis, buah anggur juga mengandung gula alami dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Kandungan gula tersebut dapat menyembuhkan kelelahan fisik dan hipoglikemi, sehingga penampilan Anda akan tetap sehat dan bugar. Mengonsumsi jus anggur secara rutin dapat mencegah dan membantu penyembuhan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti influensa, polio, maupun herpes.

Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap serta khasiatnya yang ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh, menjadikan buah anggur dipandang memiliki peluang bisnis yang cukup besar. Sehingga tak heran jika akhir-akhir ini banyak diproduksi produk-produk minuman yang mengusung ekstrak atau sari buah anggur. Banyaknya produk-produk minuman anggur yang beredar di pasaran membuat masyarakat lebih fleksibel dalam mengonsumsi buah ini.

Namun, karena harganya relatif mahal, mengonsumsi buah anggur secara rutin tidak bisa dilakukan oleh semua orang, terutama bagi kalangan ekonomi lemah. Penanaman anggur di pekarangan rumah mungkin akan menjadi solusi agar bisa menikmati manfaat dan khasiat buah anggur yang begitu besar bagi kesehatan. Disamping itu, penanaman sendiri di pekarangan rumah juga dapat mengontrol proses budidaya, terutama terhadap penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya, seperti pestisida.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Kandungan Dan Manfaat Anggur Bagi Kesehatan, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjunganya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus