MANFAAT BUAH APEL BAGI KESEHATAN

Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan – Tanaman apel termasuk dalam keluarga Rosaceae, yang memiliki nama binominal Malus domestica. Buah apel termasuk dalam jenis buah yang dijual dengan harga relatif mahal. Salah satu daerah penanaman apel di Indonesia yang cukup terkenal adalah Malang, yaitu dengan hasil buminya, apel malang. Bahkan kota ini dikenal sebagai kota apel, karena produksi apel yang cukup besar. Tanaman apel berasal dari daerah Asia Tengah, kemudian berkembang di beberapa daerah di dunia terutama yang memiliki suhu udara rendah.

Buah apel memiliki kulit buah yang berwarna hijau hingga merah atau merah tua. Rasanya manis dengan kadar gula yang cukup tinggi. Buah ini biasa dikonsumsi dalam bentuk segar, atau dalam bentuk jus. Perkembangan teknologi olahan pangan, kini sudah banyak dijual olahan apel dalam bentuk keripik. Ya, keripik apel merupakan salah satu oleh-oleh khas kota Malang. Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap, buah apel memiliki khasiat yang besar dalam menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Berikut ini kami uraikan beberapa khasiat buah apel bagi kesehatan.

Khasiat Buah Apel Dalam Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Bagi penderita penyakit kolesterol tinggi, mengonsumsi buah apel sangat besar manfaatnya. Buah apel diketahui mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah, pada saat yang sama juga mampu meningkatkan kadar HDL atau kelesterol baik. Khasiat buah apel tersebut tidak lepas dari tingginya kandungan fitokimia, yaitu senyawa antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal tersebut diperkuat oleh tulisan Life Science pada tahun 1999. Berdasarkan beberapa penelitian, buah apel mengandung pektin dan asam D-glucaric, yang juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Banyaknya kandungan zat yang dapat menurunkan kadar HDL menjadikan buah apel memiliki khasiat yang cukup efektif untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol.

Khasiat Buah Apel Dalam Mengatasi Penyakit Kanker




Selain berkhasiat sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol dalam darah, buah apel juga memiliki khasiat yang ampuh dalam mengatasi penyakit kanker, terutama kanker paru-paru dan usus. Hal tersebut diperkuat dengan laporan dari National Cancer Institut, Amerika Serikat, bahwa buah apel mengandung senyawa flavonoid yang dapat menurunkan resiko serangan penyakit kanker paru-paru hingga 50%. Penelitian tersebut tentu saja memberikan harapan baru dalam penanganan masalah penyakit kanker. Pada penelitian lain, yang dilakukan oleh Cornell University, Amerika Serikat, menemukan bahwa kulit buah apel mengandung zat fitokimia yang berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker usus hingga 43%. Tingginya khasiat buah apel dalam memerangi penyakit kanker merupakan suatu alasan kuat bahwa buah mewah ini layak dijadikan sebagai bahan obat tradisional kanker.

Khasiat Buah Apel Dalam Mengurangi Stroke Dan Serangan Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga merupakan salah satu jenis penyakit yang paling membahayakan dan memberikan kontribusi besar sebagai penyebab kematian. Kandungan flavonoid yang terdapat pada buah apel menyebabkan seseorang yang secara rutin memakan buah tersebut akan memiliki resiko terserang penyakit jantung jauh lebih rendah. Pada tulisan yang dimuat dalam British Medical Journal (1996), menyatakan bahwa buah apel juga berkhasiat dalam mengurangi serangan stroke. Oleh karena itu, bagi penderita penyakit jantung dan orang yang memiliki potensi stroke tinggi, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah apel secara rutin.

Khasiat Buah Apel Untuk Mengobati Batuk

Para leluhur banyak memanfaatkan buah apel untuk mengobati penyakit batuk. Warisan nenek moyang yang turun temurun ini memang terbukti ampuh meredakan batuk. Caranya pun cukup sederhana, yaitu dengan mengukus buah apel sampai hangat, setelah hangat kemudian dimakan langsung. Minum air rebusan yang digunakan untuk mengukus buah apel. Sangatlah sederhana dan mudah cara pengolahannya, di samping itu juga lebih aman untuk dikonsumsi.

Khasiat Buah Apel Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain vitamin dan kandungan senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh, buah apel juga mengandung serat yang berperan dalam membantu proses pencernaan. Kadar serat yang tinggi pada buah apel bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Dengan kata lain konsumsi buah apel secara rutin dapat melangsingkan tubuh.

Buah Apel Meningkatkan Ketahanan Tubuh Dari Virus Flu

Kandungan nutrisi yang cukup tinggi pada buah apel akan meningkatkan kesehatan dan ketahanan tubuh, terutama dari penyakit flu yang diakibatkan oleh infeksi virus. Hal tersebut seperti dilansir oleh Konowalchuck pada tahun 1978, yang menyatakan bahwa sari buah apel memiliki efek antivirus yang sangat baik. Mengonsumsi buah apel secara rutin dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari virus flu.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus