MANFAAT DELIMA SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Manfaat Delima Sebagai Obat Tradisional – Delima sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Buah delima berbentuk bulat berwarna merah menyala, putih, atau ungu, dengan ukuran kurang lebih sebesar buah jeruk. Tanaman ini memiliki nama latin Punica Granatum, yang berasal dari daerah Timur Tengah dan memiliki khasiat besar dalam bidang pengobatan tradisional. Tanaman delima biasa ditanam selain sebagai tanaman hias juga sebagai tanaman obat atau diambil buahnya. Tanaman ini berbentuk perdu dengan ketinggian antara 2-5 meter. Batang tanaman berkayu dengan banyak ranting dan percabangan, memiliki duri pada ketiak daun, dengan daun tunggal dan berkelompok. Selain rasanya yang enak, buah delima juga berkhasiat ampuh dalam menyambuhkan berbagai macam penyakit, sehingga tidak mengherankan jika ada yang menanam pohon ini hanya ditujukan sebagai tanaman obat tradisional.

Beberapa Khasiat Buah Delima Sebagai Obat Tradisional

Hampir semua bagian tanaman dapat digunakan sebagai obat tradisional, mulai dari biji, daging buah, bunga, kulit buah, daun, kulit kayu atau kulit batang, hingga bagian akar tanaman. Beberapa khasiat buah delima sebagai obat tradisional antara lain untuk membersihkan lambung, obat cacingan, disentri, muntah darah, keputihan, nyeri lambung, wasir, radang gusi, pendarahan, bronkitis, penurun demam, obat batuk, sariawan, penurun tekanan darah tinggi, reumatik, hingga sebagai obat untuk menurunkan berat badan.

Khasiat Delima Sebagai Obat Untuk Mengatasi Cacingan




Untuk mengobati penyakit cacingan, dapat memanfaatkan beberapa bagian tanaman. Diantaranya adalah dengan merebus 7 gram akar delima yang telah dikeringkan dalam 200 mililiter air selama kurang lebih 15 menit. Saring dan dinginkan, kemudian minumkan pada penderita setiap hari.

Selain memanfaatkan akar tanaman, kulit buah delima juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyakit cacingan, cara pemanfaatannya adalah dengan merebus 15 gram kulit buah delima yang telah dikeringkan dan 15 gram biji pinang dalam tiga gelas air hingga air tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minumkan kepada penderita penyakit cacingan setiap pagi sebelum sarapan.

Cara lain untuk mengobati penyakit cacingan yaitu dengan membuat jus buah delima dan jus wortel, masing-masing sebanyak 100 mililiter, minum campuran jus tersebut setiap hari. Dapat juga dengan memanfaatkan tepung atau bubuk biji delima dalam satu gelas jus nanas. Minum ramuan tersebut pada saat perut dalam keadaan kosong.

Khasiat Delima Sebagai Obat Untuk Menyembuhkan Penyakit Sariawan

Seperti telah dibahas di atas, salah satu khasiat delima adalah sebagai obat sariawan. Cara membuat ramuan untuk mengobati sariawan cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan daging buah dan bijinya. Blender dua buah delima yang sudah cukup tua bersama bijinya, minum setiap hari 2-3 kali hingga sembuh.

Khasiat Delima Sebagai Obat Batuk

Bagi Anda yang mengalami batuk dan tidak kunjung sembuh, jangan khawatir, manfaatkan buah delima yang memiliki khasiat ampuh sebagai obat batuk. Makan buah delima yang belum begitu masak beserta bijinya setiap malam sebelum tidur. Lakukan secara rutin hingga batuk sembuh. Mengonsumsi buah delima secara rutin selain dapat mengobati batuk yang sudah cukup lama, juga dapat menyembuhkan suara serak dan tenggorokan yang terasa kering.

Khasiat Delima Sebagai Obat Radang Gusi

Radang gusi sering dialami oleh orang yang kekurangan vitamin C. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat tradisional dari bunga tanaman delima. Ambil sepuluh kuntum bunga, cuci hingga bersih, kemudian direbus dalam 200 mililiter air hingga mendidih. Setelah dingin, saring rebusan tersebut kemudian digunakan untuk kumur. Lakukan secara rutin 3 kali sehari hingga radang gusi sembuh.

Khasiat Delima Sebagai Obat Luka

Untuk mengobati luka, bisa dengan memanfaatkan serbuk kulit buah delima. Campurkan serbuk tersebut dengan minyak wijen secukupnya, lalu oleskan pada bagian tubuh yang luka. Ulangi hingga luka mengering.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Manfaat Delima Sebagai Obat Tradisional, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus