KHASIAT DAN MANFAAT JERUK NIPIS SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Obat Tradisional – Jeruk nipis memiliki nama latin Citrus auranfolia, merupakan jenis tanaman buah yang sudah lama dikenal memiliki khasiat ampuh jika digunakan sebagai obat tradisional. Memang, selain digunakan sebagai penyedap makanan, bahan baku industri olahan pangan, buah ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Buah ini sering digunakan sebagai obat batuk tanpa demam, obat batuk disertai pilek, obat demam pada anak, obat vertigo, obat jerawat, membantu memperlancar haid bagi wanita, obat sakit tenggorokan, obat penurun panas, membantu menghilangkan ketombe, mencegah kerontokan rambut, menghaluskan kulit wajah, sebagai pemutih kulit alami, obat wasir, obat amandel serta obat batuk secara umum. Bahkan di bidang industri, buah ini juga sudah banyak digunakan sebagai bahan baku produksi, seperti pada industri sabun (terutama sabun cuci), sampo, pembersih lantai, perawatan kulit maupun tubuh hingga industri farmasi, seperti obat batuk, abat demam, dll. Pada artikel ini, akan kami uraikan secara singkat mengenai manfaat jeruk nipis serta khasiatnya sebagai obat tradisional. Semoga dapat membantu Anda mengatasi penyakit-penyakit tersebut tanpa obat kimia.

Kandungan Jeruk Nipis

Buah ini diperkaya dengan beberapa senyawa kimia yang bermanfaat serta dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa senyawa kimia tersebut diantaranya adalah asan sitrat, damar, glikosida, geranil asetat, limonen, linalool, linalin asetat, sitral, fellandren, lemon kamper, kadinen, aktilaldehid, nildehid, hesperidine, naringin, poncirin, rhoifolin, triptofan, lisin, serat, serta belerang. Kandungan nutrisi yang terdapat pada 100 gram buah segar terdiri dari vitamin C 27 miligram, kalsium 40 miligram, fosfor 22 miligram, karbohidrat 12,4 gram, vitamin B1 0,04 miligram, zat besi 0,6 miligram, lemak 0,1 gram, kalori 37 kkal, protein 0,8 gram, serta mengandung air 86 gram. Selain itu pada buah masak juga mengandung senyawa synephrine, N-methyltyramine.

Manfaat Jeruk Nipis




Selain berkhasiat ampuh dalam menyembuhkan penyakit yang telah disebutkan di atas, buah ini juga memiliki manfaat besar sebagai obat tradisional malaria, obat ambien, obat sesak napas, obat influenza, menormalkan buang air besar atau obat sembelit, obat tradisional terlambat datang bulan, mencegah perut mules saat datang bulan, obat disentri, mencegah keriput pada wajah, serta obat tradisional untuk menghilangkan bau badan. Obat herbal ini selain harganya relatif murah, juga mudah didapatkan. Banyak dijual di pasar-pasar atau ditanam di pekarangan rumah.

Memperlancar Pencernaan

Buah berasa pahit asam ini ternyata dapat juga dimanfaatkan untuk memperlancar pencernaan tubuh manusia. Kandungan asam tinggi maupun serat pada buah ini membantu mengatasi masalah sembelit akibat terganggunya sistem pencernaan tubuh.

Pelangsing Tubuh

Bagi Anda yang memiliki berat badan melebihi ideal atau bahkan obesitas kini cukup memanfaatkan jeruk nipis untuk membantu mengatasinya. Kandungan asam sitrat pada buah ini bekerja secara baik membakar timbunan lemak di tubuh. Cukup mengonsumsi minuman air jeruk setiap habis makan membantu diet Anda berjalan lancar. Selain mudah sudah pasti lebih enak, bahkan tidak menyusahkan diri. Tunggu apalagi? Anda bisa memulainya sekarang!

Obat Batuk Tradisional

Ramuan Obat Batuk 1. Caranya ambil satu buah jeruk, peras, ambil airnya. Tambahkan madu sebanyak air perasan jeruk tersebut. Aduk hingga tercampur rata, kemudian minum sebanyak satu sendok makan untuk orang dewasa atau setengah sendok makan untuk anak-anak. Minum ramuan tersebut sebanyak tiga kali sehari. Anda akan merasakan khasiatnya sebagai obat tradisional batuk tanpa demam.
Ramuan Obat Batuk 2. Jeruk nipis sebanyak satu buah diperas lalu diambil airnya, kemudian tambahkan campuran kecap dan madu sebanyak air perasan jeruk tersebut. Minumkan sebanyak satu sendok makan pada penderita batuk. Untuk mengobati batuk pada anak-anak, cukup setengah sendok makan. Berikan tiga kali sehari.
Ramuan Obat Batuk 3. Selain kedua cara di atas, Anda juga dapat mencoba cara lain, yaitu dengan memeras air dari satu buah jeruk, lalu cukup ditambahkan gula batu secukupnya, aduk biar merata, kemudian minum sehari tiga kali. Silahkan sesuaikan dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah agar lebih memudahkan pembuatan sehingga ramuan obat batuk dari jeruk nipis menjadi sangat murah disamping juga alamiah.

Obat Batuk Disertai Pilek

Memanfaatkan obat herbal untuk menyembuhkan batuk disertai pilek dilakukan dengan cara sebagai berikut, satu buah jeruk nipis diperas lalu diambil airnya, tambahkan campuran kapur sirih dan minyak kayu putih sebanyak perasan air jeruk tersebut. Campur hingga rata, oleskan pada bagian dada, punggung, maupun leher. Sesaat kemudian Anda akan merasakan hangat pada bagian yang diolesi, perlahan-lahan batuk akan mereda. Ulangi langkah tersebut jika rasa hangat telah hilang.

Obat Demam Tradisional Pada Anak-Anak

Selain memiliki khasiat serta manfaat sebagai obat batuk tradisional, buah ini juga diyakini ampuh menyembuhkan sakit demam pada anak-anak. Ambil air perasan dari satu buah jeruk nipis, tambahkan parutan tiga siung bawang merah, satu siung bawang putih, satu sendok makan minyak kelapa, aduk hingga rata. Kompres tubuh anak menggunakan campuran ramuan tersebut, terutama pada bagian dahi, ubun-ubun. Selang beberapa saat kemudian, demam pada anak sudah menurun.

Obat Vertigo

Manfaat jeruk nipis lainnya dapat dijumpai pada penderita vertigo. Jika Anda salah satu dari mereka, cobalah ramuan berikut; Ambil daun jeruk sekitar 20 lembar, tumbuklah sampai lembut. Setelah itu tambahkan kedalamnya air perasan jeruk sebanyak 1 sendok (cukup diambil dari setengah buah), lalu campur dengan meremas-remasnya biar merata. Balurkan ramuan obat vertigo tradisional tersebut pada bagian dahi, pelipis, serta tengkuk Anda. Cara tersebut bisa dilakukan sehari 2 hingga 3 kali. Semoga ramuan ini bermanfaat bagi para penderita vertigo.

Menghilangkan Jerawat

Manfaat jeruk nipis dalam hal ini caranya sangat mudah yaitu cukup mengoleskan air perasan jeruk nipis pada bagian tubuh yang berjerawat. Biarkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin. Lakukan secara rutin agar jerawat cepat menghilang dari wajah maupun bagian tubuh Anda lainnya.

Memperlancar Haid

Bagi seorang wanita mungkin banyak yang mengalami masalah satu ini, namun kini Anda dapat menikmati manfaat jeruk ini untuk mengatasinya. Selain mudah cara pembutannya, juga aman dikonsumsi. Adapun caranya adalah Ambil 1 buah jeruk nipis berukuran besar (kurang lebih jika diperas menjadi tiga sendok makan). Masukkan air perasan tersebut ke dalam gelas, lalu seduh menggunakan air panas, serta tambahkan madu murni secukupnya agar tidak terlalu asam. Minum ramuan sehari tiga kali saat masih hangat. Lakukan secara rutin agar haid Anda menjadi lancar kembali.

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Obat Sakit Tenggorokan Tradisional

Ramuan Obat Radang Tenggorokan 1. Dua buah jeruk diperas dalam gelas berkapasitas kurang lebih 250 ml (bentuk belimbung bagian bawahnya), kemudian tambahkan garam dapur secukupnya, seduh menggunakan air panas hingga penuh, aduk rata. Saat ramuan masih hangat lalu gunakan untuk kumur. Cara tersebut dapat Anda lakukan sehari tiga kali supaya lekas sembuh.
Ramuan Obat Radang Tenggorokan 2. Ambil tiga buah jeruk nipis berukuran sedang, lalu peraslah serta ambil airnya. Kemudian masukkan ke dalam gelas, tambahkan air panas supaya menjadi setengah gelas ramuan. Bisa ditambahkan madu jika suka. Gunakan air ramuan tersebut untuk kumur-kumur. Lakukan saat ramuan masih dalam kondisi hangat-hangat kuku sehari tiga kali.
Ramuan untuk Menghilangkan Lendir di Tenggorokan. Ambil dua buah jeruk nipis ukuran sedang, peras ke dalam gelas, ambil airnya. Tambahkan garam dapur secukupnya, aduklah hingga bercampur rata. Minum ramuan sehari tiga kali, lakukan sampai sembuh.

Perawatan Rambut

Manfaat jeruk nipis untuk merawat rambut dalam hal ini adalah bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok maupun berketombe. Anda dapat melakukannya secara rutin supaya cepat merasakan manfaatnya. Sebagai catatan bahwa pemanfaatan obat tradisional akan lebih efektif jika dilakukan secara rutin karena efek dari ramuan obat tradisional bekerja tidak secepat pengobatan kimia.
Ramuan untuk Rambut Rontok. Ambil beberapa buah jeruk nipis, lalu peras ambil airnya. Masukkan air perasan tersebut ke dalam baskom (ember kecil) berisi air hangat. Aduk-aduk sebentar biar menjadi rata. Setelah itu usapkan secara merata pada kulit kepala maupun seluruh rambut Anda. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas menggunakan air sampai bersih (bisa sambil keramas menggunakan sampo). Lakukan setiap 2 hari sekali seperti keramas biasa.
Ramuan untuk Menghilangkan Ketombe. Manfaat untuk menghilangkan ketombe sebenarnya hampir sama pada rambut rontok, hanya saja cara mengusapkan air yang sudah dicampur air perasan jeruk khusus pada kulit kepala saja, lakukan secara merata, terutama pada titik-titik yang sering munculnya ketombe bisa diperbanyak lagi agar mempercepat hasil.

Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah bisa dinikmati bagi Anda yang memiliki kulit kering maupun kusam. Cara pembuatannya juga sangat mudah, yaitu sediakan putih telur dan jeruk nipis. Peras jeruk lalu ambil airnya, campur, aduk rata bersama putih telur yang sudah disediakan. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker wajah, diamkan hingga kering. Bilaslah menggunakan air dingin. Lakukan secara rutin agar diperoleh hasil memuaskan.

Memutihkan Kulit

Selain menghaluskan kulit, manfaat jeruk lainnya juga dapat memutihkan kulit, baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Caranya yaitu potong buah menjadi empat bagian. Lalu oleskan pada wajah maupun bagian tubuh lain yang didinginkan. Diamkan beberapa saat sampai kering, lalu bilas menggunkan air bersih. Lakukan setiap hari secara rutin.

Mengobati Ambeien (Wasir)

Selain bagian buahnya, bagian tanaman lain juga dapat dimanfaakan untuk mengobati penyakit seperti ambeien atau wasir. Adapun bagian tanamannya adalah pada bagian akar tanaman. Caranya sediakan satu genggam akar tanaman, lalu cucilah sampai benar-benar bersih (pencucian akar diutamakan pada air mengalir). Rebuslah akar hingga mendidih, lalu saring ramuan. Minum ramuan tersebut sehari tiga kali. Lakukan secara rutin agar penyakit ambeien (wasir) Anda segera sembuh.

Mengobati Amandel

Sediakan dua buah jeruk berukuran besar. Lalu kupas, ambil kulitnya, cucilah kulit buah sampai bersih. Masukkan ke dalam panci, tambahkan 500 ml air bersih, rebus hingga mendidih, biarkan airnya tersisa setengahnya, angkat, saring ramuan. Gunakan air rebusan untuk kumur-kumur selagi masih hangat sehari sebanyak tiga kali. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Obat Tradisional, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus