MANFAAT BUAH KURMA SEBAGAI OBAT TRADISIONAL

Manfaat Kurma Sebagai Obat Tradisional – Kurma memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap dan berimbang, meskipun masing-masing dalam jumlah yang sedikit. Kandungan nutrisi buah kurma dipengaruhi oleh varietas dan kandungan air. Secara umum, buah kurma memiliki khasiat yang besar dalam kesehatan manusia.

Khasiat buah kurma sebagai obat peluruh kencing

Bagi Anda yang mengalami susah buang air kecil, buah kurma kering berkhasiat untuk menguatkan memperkuat sel-sel usus dan memiliki khasiat yang ampuh sebagai obat tradisional peluruh kencing. Dengan demikian, buah kurma secara tidak langsung juga berperan dalam menjaga dan memelihara kesehatan ginjal. Selain itu, buah kurma kering juga dapat berperan dalam mengontrol gerakan usus.

Khasiat buah kurma sebagai obat untuk mempermudah proses persalinan

Allah memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika mau melahirkan. Buah kurma kering memiliki khasiat yang bagus dalam memperkuat rahim. Oleh karena itu, buah kurma sangat dianjurkan bagi ibu-ibu yang mau melahirkan. Penelitian terbaru mengemukakan bahwa buah kurma basah juga mampu mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolen atau kontraksi jantung saat darah dipompa ke pembuluh nadi.

Khasiat buah kurma basah sebagai obat untuk mencegah perdarahan saat melahirkan




Buah kurma mengandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine, yaitu hormon yang membantu manusia maupun binatang saat melahirkan. Buah kurma basah diketahui dapat mencegah terjadinya perdarahan yang berlebihan ketika wanita sedang melahirkan. Selain itu, kandungan hormon tersebut juga membantu mengembalikan posisi rahim kembali seperti semula seperti sebelum hamil.

Khasiat buah kurma sebagai obat kolesterol

Buah kurma diketahui memiliki kandungan serat pangan yang cukup tinggi yaitu sekitar 2,2 persen. Serat pangan akan membantu mencegah penyerapan lemak atau kelesterol di dalam usus besar. Oleh karena itu, serat pangan juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, serat pangan pada buah kurma juga cukup halus, sehingga dapat mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau penderita radang usus.

Khasiat buah kurma sebagai obat tradisional untuk mengurangi resiko serangan stroke

Buah kurma merupakan sumber karbohidrat yang cukup tinggi. Selain itu, tingkat serapan karbohidrat yang terdapat pada buah kurma jauh lebih tinggi dibanding sumber karbohidrat lain, seperti beras, jagung, atau gandum. Meskipun diperkaya dengan kandungan karbohidrat, tetapi kurma tergolong buah-buahan yang rendah kalori dan lemak. Selain itu, kandungan kaliumnya juga cukup tinggi. Dengan keunggulan tersebut, buah kurma berperan dalam mengatur denyut jantung agar lebih stabil dan mencegah resiko penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah kurma juga berperan dalam mengaktifkan kontraksi otot jantung dan membantu tekanan darah. Dengan kerja jantung yang sehat dan tekanan darah yang stabil, maka akan mengurangi resiko serangan stroke. Beberapa penelitian ilmiah juga membuktikan bahwa buah kurma dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengurangi resiko serangan stroke.

Khasiat buah kurma sebagai obat untuk mengatasi stres

Kandungan kalium yang cukup tinggi pada buah kurma dapat mengurangi resiko stres akibat kerja otak yang terlalu berat. Kemampuan kalium dalam meningkatkan aliran oksigen ke otak akan meningkatkan kemampuan kerja otak, sehingga beban yang lebih berat dapat diterima. Oleh karena itu, peningkatak kemampuan kerja otak secara tidak langsung akan mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengatasi resiko stres.

Khasiat buah kurma untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak-anak

Kandungan nutrisi yang sangat lengkap pada buah kurma menjadikan buah ini baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Jika anak diberi kurma secara rutin setiap hari, maka kecerdasan dan kemampuan berpikir otak mereka akan meningkat. Hal tersebut terutama disebabkan buah kurma mengandung kalium yang cukup tinggi. Salah satu peran kalium dalam kesehatan tubuh adalah meningkatkan laju pengiriman oksigen ke otak, sehingga otak akan tetap terjada dan dapat bekerja secara optimal.

Demikian informasi menarik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Manfaat Kurma Sebagai Obat Tradisional, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus