KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH NANGKA

Kandungan Dan Manfaat Buah Nangka – Buah nangka merupakan salah satu jenis buah konsumsi yang memiliki aroma sangat tajam. Selain biasa dikonsumsi dalam bentuk buah tua yang matang, buang nangka juga sering dijadikan olahan, seperti selai, bahan campuran roti, maupun bahan campuran dalam es buah. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan buah yang memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus ini. Selain rasanya yang enak, dengan aroma wangi yang cukup menggoda, buah nangka juga memiliki kandungan nutrisi lengkap dan bermanfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Buah yang dikenal dengan istilah jackfruit ini merupakan jenis buah tropis, sehingga banyak ditemukan di negara-negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Pohon nangka diduga berasal dari daerah India Selatan, kemudian menyebar ke berbagai daerah tropis lainnya, termasuk Indonesia. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingan pohon nangka mampu tumbuh baik di berbagai daerah meskipun dengan cuaca yang kurang mendukung.

Secara umum, buah nangka diperkaya dengan vitamin A, B, dan C, kalsium, kalium, magnesium, dan ferum atau zat besi. Kandungan nutrisi tersebut bisa dibilang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan buah-buahan lain. Senyawa yang terkandung dalam buah nangka diantaranya adalah thiamin, riboflavin, dan niacin. Dalam 100 gram buah nangka, mengandung kurang lebih karbohidrat sebanyak 27,6%, protein 1,2%, dan kalori 106 kal. Namun, buah ini bisa menimbulkan gas di dalam perut, sehingga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah nangka terlalu banyak, karena justru berakibat tidak baik bagi kesehatan.

Dengan dikonsumsi secara terukur, buah nangka akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Berikut ini kami uraikan secara singkat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah nangka.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh




Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah nangka dapat berperan sebagai antioksidan yang cukup baik. Antioksidan diketahui dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan meningkatkan fungsi sel darah putih. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah nangka juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah Resiko Serangan Penyakit Jantung Dan Stroke

Selain diperkaya dengan berbagai vitamin, buah nangka juga mengandung mineral yang cukup tinggi. Salah satu minerah yang terdapat pada buah nangka adalah kalium atau potassium. Kalium diketahui berperan besar dalam mengontrol tekanan darah dan dapat mengurangi resiko serangan penyakit jantung atau stroke. Selain itu, kalium juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Manfaat Buah Nangka Untuk Melindungi Tubuh Dari Serangan Penyakit Kanker

Buah nangka juga diperkaya dengan kandungan fitronutrient, seperti lignan, isoflavon, dan saponin. Senyawa tersebut diketahui mampu menahan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi buah nangka secara terukur setiap hari dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari serangan penyakit kanker.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan antioksidan yang cukup tinggi pada buah nangka sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi buah nangka secara rutin dan terukur, akan membuat kulit tetap sehat, tampak lembab dan kelihatan cantik. Oleh karena itu, bagi buah nangka sangat disarankan bagi yang berkepentingan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulitnya.

Manfaat Buah Nangka Untuk Meningkatkan Fungsi Tubuh

Kandungan mineral dan senyawa-senyawa penting yang terdapat pada buah nangka cukup lengkap, diantaranya adalah mangan, ferum, vitamin B6, niasin, dan asam folat. Nutrisi tersebut berperan dalam meningkatkan fungsi tubuh. Kandungan gula dalam bentuk glukosa dan sukrosa bermanfaat bagi penambah energi. Selain daging buahnya, biji buah nangka juga menjadi sumber protein dan gizi yang cukup tinggi. Biasanya biji buah nangka ini direbus dan dijadikan cemilan.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga artikel Kandungan Dan Manfaat Buah Nangka, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus