KANDUNGAN DAN MANFAAT BELIMBING

Kandungan Dan Manfaat Belimbing – Buah belimbing merupakan salah satu komoditas buah-buahan yang sudah dikenal cukup luas oleh masyarakat Indonesia. Komoditas ini banyak ditemui baik di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Jika dipotong melintang, buah ini memiliki bentuk menyerupai bintang. Konon, buah belimbing berasal dari daerah India dan Srilangka serta memiliki variasi rasa beragam. Namun, belimbing tidak hanya dibudidayakan di wilayah Asia saja, tetapi juga di daerah-daerah beriklim subtropis, seperti Amerika atau Australia. Di Indonesia, tanaman belimbing banyak dijumpai di daerah Demak, Jawa Tengah. Buah ini dapat berbuah sepanjang tahun dan dipanen tiga kali dalam setahun. Biasanya belimbing dimakan sebagai buah segar atau digunakan sebagai campuran rujak. Disamping kaya akan kandungan nutrisi penting, buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Buah Belimbing

Belimbing mengandung kadar gula tinggi, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, buah belimbing juga mengandung asam oxalat tinggi, sehingga tidak baik bagi penderita penyakit ginjal. Berikut ini kandungan nutrisi per 100 gram buah belimbing:
Energi : 128 kJ (31 kcal)
Karbohidrat : 6.73 gram
Gula : 3.98 gram
Diet serat : 2.8 gram
Lemak : 33 gram
Protein : 1.04 gram
Asam pantotenat (B5) : 0.39 mg
Folat (Vit. B9) : 12 mg
Vitamin C : 34.4 mg
Fosfor : 12 mg
Kalium : 133 mg
Seng : 12 mg

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan




Manfaat belimbing bagi kesehatan salah satunya adalah mengatasi batuk, terutama pada anak-anak. Hal ini tidak terlepas dari khasiat buah belimbing sebagai antipiretik dan ekspektoran yang cukup ampuh. Disamping itu, belimbing juga berkhasiat sebagai antiinflamasi, diuretik, dan analgesik. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi bermanfaat sebagai obat sariawan, sakit tenggorokan, demam, serta mengatasi penyakit kencing manis. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang cukup ampuh untuk melawan radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah penyakit kanker.

Selain buahnya, akar tanaman belimbing juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit pada persendian dan menghilangkan sakit kepala. Sementara daun tanaman bermanfaat untuk mengobati penyakit radang pada lambung, kulit bernanah, bahkan berkhasiat sebagai obat bisul.

Kandungan pektin pada buah belimbing juga cukup tinggi. Pektin diketahui bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, mencegah penyakit asam empedu dalam usus, serta mampu mencegah penyakit hepatitis atau pengerasan hati. Kandungan serat yang cukup tinggi juga berkhasiat untuk mengoptimalkan kinerja organ pencernaan. Buah berbentuk bintang ini juga menjadi makanan buah favorit bagi pada pelaku program diet untuk melangsingkan tubuh. Selain khasiat tersebut di atas, buah belimbing juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri, karena mengandung zat anti bakterial cukup tinggi.

Manfaat Belimbing Sebagai Penyegar Tubuh

Dua buah belimbing manis, ditambahkan dengan kurang lebih 100 gram sari buah jeruk manis, es batu, dan susu kental manis, bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh setelah berolah raga atau beraktivitas berat. Blender semua bahan tersebut, kemudian diminum dalam keadaan dingin. Kandungan air yang cukup tinggi pada buah ini juga bermanfaat untuk mengurangi dehidrasi.

Demikian informasi terbaik yang dapat kami sajikan, semoga Kandungan Dan Manfaat Belimbing, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus