KANDUNGAN DAN MANFAAT SAWO BAGI KESEHATAN

Kandungan Dan Manfaat Sawo Bagi Kesehatan – Secara fisik buah sawo mirip dengan buah kiwi, memiliki warna kulit coklat. Di daerah Sumatera Barat, oleh suku Minang buah ini lebih dikenal nama saos. Selain diperkaya dengan kandungan gula, buah sawo juga memiliki kandungan nutrisi lengkap, sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti mineral, karbohidrat, vitamin, maupun serat pangan. Buah sawo diketahui bermanfaat baik bagi kesehatan jantung maupun pembuluh darah serta berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karenanya tidak mengherankan jika konsumsi terhadap buah sawo akhir-akhir ini mengalami peningkatan cukup signifikan.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Sawo

Tanaman sawo tergolong dalam famili Sapotaceae dari genus Manilkara dengan spesies Manilkara Zapota.Berikut ini kami sajikan klasifikasi lengkap tanaman sawo:
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Sapotaceae
Genus: Manilkara
Spesies: Manilkara Zapota

Kandungan Dan Manfaat Buah Sawo




Selain rasanya cukup manis, buah berdaging coklat ini juga memiliki kandungan gizi lengkap, sehingga sangat baik untuk menopang kesehatan tubuh manusia. Adapun kandungan nutrisi dalam 100 gram daging buah sawo adalah protein 0.5 gram, lemak 1.1 gram, karbohidrat 22.4 gram, mineral 0.5 gram, kalsium 25 mg, phosphor 12 mg, besi 1 mg, retinol 18 mg, asam askrobat 21 mg, serta kalori 102 kkal.

Selain kandungan nutrisi tersebut, buah sawo juga mengandung serat pangan cukup tinggi, sehingga berkhasiat ampuh dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare maupun sembelit. Gula dalam buah sawo merupakan gula sederhana, bermanfaat untuk memulihkan energi secara cepat. Oleh karena itu, buah ini cocok untuk olahragawan atau orang beraktivitas tinggi.

Buah sawo diketahui memiliki kemampuan mengikat karsinogen dalam saluran pencernaan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit kanker pencernaan. Keistimewaan lain buah sawo adalah kandungan natriumnya rendah, dengan perbandingan kalium natrium mencapai 16:1. Dengan tingginya angka perbandingan tersebut, menunjukkan bahwa buah ini memiliki khasiat ampuh jika dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung maupun pembuluh darah. Karena alasan inilah para penderita penyakit jantung direkomendasikan untuk banyak mengonsumsi buah sawo.

Buah dengan nama ilmiah Manilkara Zapota ini menyimpan manfaat cukup besar bagi kesehatan tubuh manusia. Bukan hanya daging buahnya saja, tetapi juga bagian tanaman lain, seperti getah buah dan daunnya yang berkhasiat ampuh untuk menyembuhkan penyakit diare.
Untuk menyembuhkan penyakit diare, ambil kira-kira lima belas tetes getah buah muda, kemudian diseduh dalam setengah gelas air panas. Minum sekaligus dalam keadaan hangat. Bisa juga dengan memarut satu buah sawo muda, tambahkan sedikit air hangat, peras dan saring parutan sawo muda tersebut kemudian minum dua kali sehari, masing-masing satu kali parutan. Bagian tanaman lain untuk menyembuhkan penyakit diare adalah daun tanaman. Ambil kira-kira dua mangkok daun sawo, rebus dalam dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum tiga kali sehari masing-masing satu gelas.

Air rebusan buah sawo di atas juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit radang mulut. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur sesering mungkin, hingga radang pada mulut sembuh.

Khasiat buah, daun maupun batang tanaman sawo tidak terlepas dari kandungan senyawa kimia di dalamnya. Diketahui bahwa daun dan batang tanaman sawo mengandung senyawa flavonoida. Sementara daunnya mengandung saponin, sedangkan batang tanaman mengandung zat tanin. Senyawa kimia tersebut diketahui berkhasiat cukup ampuh sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus