MANFAAT TIMUN BAGI KESEHATAN

Manfaat Timun Bagi Kesehatan – Buah timun sudah lama dikenal oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga sangat baik digunakan sebagai makanan penyegar. Biasanya, buah timun selalu hadir di berbagai acara perjamuan, entah sebagai buah segar maupun dijadikan makanan olahan, seperti rujak. Timun merupakan tanaman dari keluarga Curcubitaceae yang memiliki nama ilimia Cucumis sativus. Tanamannya berbatang lemah dan setengah merambat, sehingga untuk budidaya yang sudah dilakukan secara intensif, membutuhkan penopang tanaman yang berupa ajir atau lanjaran.

Buah timun mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk menopang kesehatan tubuh kita. Beberapa kandungan tersebut diantaranya adalah protein 0.65%, lemak 0.1%, karbohidrat 2.2%, dan air yang diperkirakan lebih dari 90%. Selain itu, buah timun juga mengandung berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, antara lain kalsium, kalium, phosphor, magnesium, zat besi, bahkan juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Biji timun diketahui mengandung toksin alkaloid dari jenis hipoxanti yang berkhasiat ampuh untuk mengobati penyakit cacingan. Selain itu, kandungan air yang cukup tinggi pada buah timun juga bermanfaat untuk melancarkan buang air kecil, membantu tubuh dalam membuang dan menetralkan racun, serta melunturkan bakteri-bakteri di sepanjang usus dan kandung kemih. Oleh karena itu, mengonsumsi buah mentimun secara rutin akan membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

Kandungan kalium dalam buah mentimun juga berperan dalam mengeluarkan asam urat dan sisa-sisa dari proses metabolisme, melalui ginjal. Jika kandungan asam urat dalam darah terlalu tinggi, maka akan terjadi penumpukan krital asam urat, terutama di daerah persendian, sehingga menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Sementara sisa-sisa metabolisme yang berlebihan dan tidak dikeluarkan, akan menumpuk dan membentuk batu ginjal. Dengan demikian, mengonsumsi buah timun secara rutin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah terjadinya serangan penyakit yang diakibatkan oleh menumpuknya asam urat.

Manfaat Timun Sebagai Obat Tradisional




Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan seperti tersebut di atas, timun juga berkhasiat sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Khasiat timun sebagai obat tradisional ini telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini beberapa macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan obat tradisional dari timun.

Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat buah timun sebagai obat tradisionala adalah untuk menyembuhkan jerwat. Jerawat sangat mengganggu, meskipun tidak terasa begitu sakit, tetapi membuat penampilan kita menjadi kurang pede. Bagi Anda yang memiliki jerawat, jangan khawatir, beli buah timun sebagai obat tradisional yang cukup ampuh. Cara memanfaatkannya pun sangat sederhana, cukup gosokkan irisan buah timun pada bagian tubuh yang terkena jerawat. Lakukan setiap hari hingga jerawat sembuh.

Menghilangkan Flek Bekas Jerawat

Beberapa jerawat terkadang ada yang meninggalkan bekas berupa flek hitam, tentu saja sangat mengganggu apalagi jika flek tersebut ada di wajah. Tapi jangan khawatir, ada cara tradisional untuk menghilangkannya. Iris buat timun kurang lebih sepanjang lima centimeter, lalu diparut dan ditambahkan parutan kunyit sebesar ibu jari. Campur parutan kunyit dan timun hingga merata, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terdapat flek hitam bekas jerawat. Lakukan setiap hari hingga flek menghilang. Lebih cepat lagi hasilnya dengan menambahkan satu sendok teh madu pada parutan kedua bahan tersebut.

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Khasiat lain dari buah timun adalah untuk mengobati sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan terkadang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika kita menjadi tidak selera makan karena sakit untuk menelan, tentu saja tubuh kita menjadi lemas. Ambil kira-kira setengah genggam biji timun, kemudian tambahkan garam secukupnya. Tambahkan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur berberapa kali sehari.

Mengobati Penyakit Darah Tinggi

Bahkan timun juga berkhasiat cukup ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tak heran jika para penderita penyakit tekanan darah tinggi banyak mengonsumsi timun. Untuk memanfaatkannya sebagai obat tradisional, cukup dilakukan dengan memarut dua buah timun kemudian diperas airnya, dan minumkan sekaligus pada penderita darah tinggi sebanyak tiga kali sehari.

Mengobati Sengatan Lebah

Bagi Anda yang pernah tersengat lebah, apalagi lebah hutan, tentu akan merasakan sakit yang luar biasa. Parut atau hancurkan dengan blender beberapa buah timun, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang tersengat lebah. Lakukan secara berulang-ulang hingga rasa sakit atau gatal-gatal hilang.

Manfaat Timun Sebagai Obat Tipus

Ramuan dari timun yang diparut atau diblender juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit tipus. Cukup ambil dua buah timun, parut atau blender kemudian disaring airnya. Tambahkan satu sendok makan madu. Minumkan kepada penderita tipus tiga kali sehari.

Manfaat Timun Untuk Mengobati Diare Pada Anak

Diare merupakan penyakit yang mudah ditangani, tetapi jika penanganannya terlambat, maka akan sangat membahayakan penderita. Bagi Anda yang memiliki anak sedang menderita diare, bisa diberikan ramuan dari timun. Caranya cukup mudah, ambil satu buah timun, rebus hingga lunak lalu dihaluskan. Peras dan ambil airnya kemudian tambahkan sedikit madu. Minumkan pada anak yang terserang diare tiga kali sehari hingga sembuh.

Demikian informasi terbaik yang kami sajikan, semoga artikel Manfaat Timun Bagi Kesehatan, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, salam Tanijogonegoro.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Tanijogonegoro On Google Plus